3 November 2018

12 Panduan Polisi Dalam Membeli Motor Bekas

paduan polisi beli motor bekas

Halo sahabat Otoberita masih dengan saya yang akan membahas mengenai Dunia Otomotif, yang mana untuk hari ini kita akan membahas mengenai bagaimana membeli Motor bekas sesuai dengan panduan Polisi dalam membeli Motor bekas, Kebanyakan untuk sekarang membeli Motor bekas itu perlu sekali hati-hati karena banyak sekali orang yang tertipu karena motor yang dibelinya bekas tabrakan atau habis jatuh ataupun juga sudah pernah di bongkar untuk diambil dan diganti sprepart yang masih lebih bagus, nah ini perlu sekali kita waspadai sebagai pembeli awam. Banyak cara yang ada di Internet bagaimana membeli motor bekas yang baik dan benar agar kita tidak tertipu dan tetap aman dalam membelinya. Ingin tahu seperti apa panduan Polisi dalam membeli Motor bekas ini ? simak ulasannya dibawah ini yah.

Panduan membeli Motor Bekas dari Polisi :

1.Teliti Harga Pasaran Motor

Yang pertama yaitu anda bisa meneliti terlebih dahulu harga pasaran Motor yang ada di daerah anda yang mana harganya bisa saja lebih miring dan juga ada yang lebih Mahal, langkah ini perlu anda lakukan untuk mendapatkan perbandingan harga yang lebih tepat dari pada harus langsung mencarinya di sorum penjualan Motor atau melalui Online, dengan melihata atau meneliti terlebih dahulu harga Motor pasaran yang ada di daerah anda maka anda bisa lebih tahu bahwa harga motor ini idealnya seberapa dan jika dijual kembali apakah akan memberikan keuntungan kepada anda. Nah itu perlu sekali anda teliti untuk mendapatkan harga terbaik sebelum percaya dan langsung membelinya begitu saja.

2. Teliti Nomor Rangka Dan Mesin

Kemudian yang kedua untuk mendapatkan motor yang aman dan juga tetap berkualitas jangan lupa untuk meneliti Nomor rangka dan juga mesin yang ada di Motor, hal ini dilakukan untuk mendapatkan kejalasan yang lebih tepat mengenai motor yang dijual oleh orang tersebut. Anda harus paham mengenai hal ini jangan sampai anda salah langkah untuk membeli Motor yang kurang jelas. Pasalnya banyak sekali orang yang kurang paham dengan cara mengecek mesin kendaraan dan juga Nomor kerangka mesin. Alangkah lebih baiknya kalau anda meminta STNK dan Juga BPKB dari Motor tersebut untuk mencocokan Nomor mesin dan kerangka yang ada di surat dan juga ada di Motor.

3. Meneliti Kondisi Motor

Setelah langkah kedua yang ada diatas sudah anda teliti dengan baik langkah berikutnya anda bisa mengecek kualitas dan kondisi dari Fisik Motor yang hendak anda beli, seperti apa kondisinya dan bagaimana kalau anda menggunakan motor tersebut apakah terasa nyaman atau Tidak. Teliti dengan baik, bila perlu anda bisa membawa Contoh gambar dari motor yang hendak anda beli apakah sudah sesuai atau belum, jangan sampai anda membeli motor bekas tidak sesuai dengan gambar aslinya, misalnya saja untuk bagian depan Body sudah ada modifikasi atau bagaimana, Anda tanyakan kepada pemilik Motor untuk mendapatkan kejelasan yang tepat.

4. Teliti Oli Motor

Yang selanjutnya yaitu dengan meneliti Oli Motor, jangan sampai oli motor terlalu banyak dan sudah lama tidak diganti, karena bisa merusak suara mesin kendaraan motor yang hendak anda beli. Pastikan anda menyuruh untuk menggantinya terlebih dahulu jika anda yakin ingin membeli motor tersebut. Hal ini bertujuan untuk kedepannya, karena kita tidak tahu pasti sebagai pembeli seperti apa motor yang hendak kita beli.

5.Teliti Juga Spedometer

Yang berikutnya jangan lupa juga untuk meneliti spedometer motor yang hendak anda beli, biasanya Spedometer untuk kecepatan atas dan juga maksimal 20.000 sudah mempunyai daya akurasi yang tinggi mengenai mesin motor yang berkualitas. Jangan sampai anda tidak tahu untuk mengecek spedometer yang benar itu seperti apa, takutnya jika anda tidak teliti mengeceknya bisa jadi untuk urusan mesin sudah banyak di tukar deh sama orang yang bersangkutan, kan bisa merugikan kita sebagai pelanggan juga. Jangan sampai hal ini terjadi. Lebih baik anda mengajak orang yang sudah kenal dekat dengan anda untuk melakukan pengecekan sepeda Motor tersebut.

6.Dengarkan Bunyi Sepeda Motor

Kemudian berikutnya yaitu dengan mendengarkan suara bunyi kendaraan sepeda motor yang hendak anda beli, jika suaranya masih halus dan bagus bisa dipastikan mesinnya juga terawat dengan baik, kalau suaranya sedikit lebih kasar bisa juga Olinya belum di ganti atau mesin ada yang bermasalah, Jangan lupa periksa juga saluran pembuangan apakah berjalan dengan baik atau tidak. Dengan begitu anda bisa mengetahui dengan jelas kualitas motor yang hendak anda beli baik dari orang maupun Sorum jual beli motor.

7. Teliti Perpindahan Gigi Pada Motor

Yang berikutnya yaitu dengan meneiliti perpindahan Gigi motor, dimana perpindahan gigi motor kadang juga perlu di teliti, jika pada saat anda memasukan gigi dan juga mengurangi Gigi jadi bisa dipastikan Kampas Kopling di Gigi masih banyak dan juga masih lama digunakan, namun jika perpindahan gigi susah untuk dilakukan atau serat bisa jadi Kampas Kopling serta-merta sudah habis dan anda perlu menggantinya dengan yang baru. Cara ini memang digunakan dengan detail untuk mendapatkan Motor yang benar-benar masih bagus dan juga berkualitas.

8. Meneliti Kerangka dan juga sasis Motor

Yang selanjutnya yaitu dengan meneliti kerangka dan sasis Motor, cek dengan teliti dan baik apakah kerangka dan sasis Motor masih lurus sesuai dengan poros Motor dan stang motor. Hal ini harus di cek dengan teliti agar anda tidak kesusahaan pada saat membelokan motor di perjalanan.

9. Meneliti Kebocoran mesin Motor

Kemudian berikutnya anda bisa mengecek kondisi Kebocoran mesin kendaraan anda, cara testnya sangat mudah anda tinggal cek kondisi kebocoran mesin kendaraa motor yang hendak anda beli dengan membawanya berjalan sejauh 1 Km meter, jika kalian mendapati mesin bocor dengan di tandai Oli yang keluar maka bisa di pastikan mesin sudah tidak bagus lagi. Jadi perlu sekali anda menggantinya dengan yang lain.

10. Cek Kelistrikan Motor

Kemudian berikutnya anda bisa cek kelistrikan Motor yang hendak anda beli, pastikan semuanya bekerja dengan baik semuanya normal dan bisa digunakan, mulai dari Lampu, Klakson, Starter dan lain sebagainya.

11. Cek Kondisi Roda Motor

Kemudian yang berikutnya dengan cek kondisi Roda motor yang hendak anda beli, pastikan anda mengeceknya terlebih dahulu sebelum anda membelinya. Cek pada bunga dan ukiran ban apakah masih aman atau tidak, jangan sampai pada saat anda bawa pergi kondisi ban dan juga Pelek sudah tidak bagus lagi. Kebanyakan yang rusak atau tidak di ketahui oleh para pembeli yaitu bagian pelek dalam yang sudah retak dan berkarat

12. Test drive

Untuk memastikan semuanya masih normal kamu bisa melakukan test Drive terhadap motor yang kamu beli, supaya lebih menyakinkan dan aman untuk kalian beli dan bawa pulang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.