8 Agustus 2018

5 Tahapan Merawat Mesin Kendaraan Bermotor Agar Tetap Prima Dan Awet

Tahapan Merawat Mesin Motor Agar Tampil Prima

Mempunyai kendaraan bermotor memang sangat menyenangkan bagi seorang laki-laki dimana mereka lebih suka merawat dan juga memodifikasi kendaraan milik Pribadi. Nah untuk itu saya ingin memberikan informasi terkait dengan cara merawat mesin kendaraan bermotor agar tetap awet dan kualitasnya juga masih terjaga walaupu sudah lama anda gunakan. Ingin tahu seperti apa cara merawat kendaraan bermotor yang baik dan juga tepat ? untuk itu silahkan simak langsung ulasannya berikut ini yah.

Tips merawat mesin kendaraan Bermotor supaya lebih Prima dan juga awet

Untuk Sepeda Motor Yang masih Baru

Tahap pertama yaitu dengan memanfaatkan bonus perawatan motor yang diberikan oleh Dealer dimana tempat anda membeli motor, biasanya dealer resmi akan memberikan beberapa bonus untuk anda sebagai Bonus untuk servis Gratis. Yaitu pada tahap pertama dengan jarak 500 m, kemudian tahap kedua dengan jarak 1000 m dan yang ketiga yaitu tahap 2000 m. Selain memberikan bonus kepada para pembeli motor dealer juga mempunyai maksud tersendiri memberikan service gratis ini yaitu untuk meyakinkan bahwa kendaraan anda tetap aman, karena ada juga kendaraan yang baru beli untuk perakitannya ada yang bermasalah. Jadi manfaatkan bonus ini sebagai servis Gratis kendaraan bermotor anda.

Nah untuk tahap pertama ini sangat perlu memperhatikan kinerja dari mesin kendaraan anda, uji coba hingga jarak 500 KM menjadi salah satu bagian untuk mengecek apakah kendaraan anda baik-baik saja. Jangan mengisi atau menggunakan motor secara keras dengan kecepatan yang tinggi karena bisa merusak mesin dan kemudian Oli yang baru saja anda ganti bisa tercampur dengan serpihan Logam yang diakibatkan karena gesekan dari mesin.

Tahapan kedua mengganti Oli Motor

Yang kedua yaitu tahapan mengganti Oli Motor, untuk hal ini mungkin bisa anda serahkan kepada para Dealer atau service yang sesuai dengan merek Motor anda, pastikan anda selalu menganti Oli motor setiap 3 bulan sekali. Tapi untuk saat ini mengganti oli berdasarkan bulan ataupun permakaian motor juga sudah tidak berguna lagi karena baik dipakai ataupun tidak dipakai masa Oli yang sudah digunakan untuk mesin sama saja berkurang.

Tahapan Ketiga Rutin Melakukan Tune Up Motor

Kemudian yang ketiga yaitu tahapan tune Up sepeda motor anda, dimana perawatan satu ini sangat penting untuk kinerja mesin kendaraan Motor anda, anda bisa mengecek di bengkel maupun di Service resmi dengan membersihkan debu-debu ataupun serpihan dari Mesin yang bergesekan, sesering anda melakukan Tune up motor maka kualitas dan juga kinerja mesin anda akan semakin baik lagi

Tahap Keempat pemakaian Sepeda Motor

Kemudian tahap selanjutnya yaitu tahap pemakian sepeda motor itu sendiri, Dimana pemakaian sepeda motor yang benar harus sesuai dengan kondisi mesin motor anda. Memainkan Kopling ternyata juga bisa merusak mesin, gunakan sewajarnya saja, Gunakan kecepatan standar pada saat anda dijalan raya. Hal ini dilakukan untuk mengatasi terjadinya serpihan logam dari mesin kendaraan anda yang bisa membuat Oli Tercampur dan tidak maksimal untuk melumasi mesin anda.

Jaga kebersihan Motor anda

Setelah itu anda juga bisa menjaga kebersihan dari kendaraan bermotor anda dengan cara mencucinya setiap 1 minggu sekali ataupun 2 minggu sekali agar mesin dan juga Part lainnya tetap terjaga dan berfungsi dengan baik.

Nah teman-teman otoberita itulah beberapa Tahapan yang tepat untuk merawat mesin kendaraan bermotor anda. Terimakasih.

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.