24 September 2018

Asik, Pemerintah Akan Turunkan Pajak Mobil Jenis Sedan Tahun 2018 !

Pajak Mobil Sedan Akan Diturunkan Pemerintah

Otoberita.com – Pajak Mobil Sedan Akan Diturunkan Pemerintah. Kini regulasi terkait Pajak Kendaraan, segera mengalami perombakan atau revisi lebih lanjut. Kabar gembira ini sangat di nantikan oleh masyarakat Indonesia terutama pengguna mobil jenis sedan. Regulasi terbaru itu mempersoalkan perubahan pajak sedan untuk pasar dalam negeri.

Johannes Nangoi selaku ketua umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengatakan, selama ini segmen sedan terutama kubikasi mesin 1500cc seolah mendapatkan perlakuan yang berbeda. Mengingat melalui Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM), dalam peraturan pemerintah nomor 41 tahun 2013 pada pasal 2 ayat 4. Telah tertulis bahwa mobil sedan berkubikasi mesin 1500cc akan dikenai PPnBM sebesar 30 persen.

Padahal dikubikasi mesin yang sama, namun segmen LMPV hanya dikenakan PPnBM sebesar 10 persen saja. Dengan begitu bisa disimpulkan bahwa tidak ada kebebasan dalam memilih segmen kendaraan. Seolah-olah mengarahkan preferensi pasar otomotif ke sisi LMPV daripada model sedan pada umumnya. Sehingga pasang surut penjualan mobil sedan bekas atau baru, tidak sebaik pasaran Low MPV.

Sementara itu kira-kira dua hingga tiga bulan lagi soal PPnBM segmen mobil sedan akan selesai. Saat ini pihak Kementrian Perindustrian masih terus berkoordinasi dengan Menteri Keuangan. Terkait diskusi bersama Badan Kebijakan Fiskal (BKF).

Bukan tidak mungkin bila PPnBM segmen mobil sedan benar-benar akan diturunkan. Bisa berdampak baik terhadap penjualan mobil sedan Indonesia, tentu meningkat dratis. Mengingat pasaran mobil jenis sedan bekas di Indonesia banyak peminatnya.

Maka di masa mendatang model mobil sedan akan menjadi primadona pasaran kendaraan roda empat di Indonesia. Dan para penjual mobil sedan di showroom akan merasa senang. Dagangan mobil mereka menjadi buruan para konsumen pecinta mobil sedan bekas.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.