22 Agustus 2019

BAHAYA MAKAN MIE INSTAN DENGAN NASI

“Sudah makan nasi ditambahin lagi mie instan, itu parah. Jadi double karbohidrat,” terangnya. Jika Anda adalah termasuk orang yang doyan mengkonsumsi mie instan campur nasi putih, maka risiko menjadi pengidap diabetes akan meningkat, dibanding jika Anda banyak makan sayur dan buah. “Penyakit yang akan cepat datang itu seperti diabetes, kencing manis dan lain sebagainya yang berkaitan dengan peningkatan gula darah,”

Mie Instan merupakan salah satu makanan yang paling banyak disukai oleh masyarakat di Indonesia.
Mulai dari usia anak-anak, remaja, maupun orang dewasa sangat menyukai makanan instan ini.

Aroma dan rasanya yang sungguh menggoda ditambah lagi dengan cara memasaknya yang tidak membutuhkan waktu yang lama inilah membuat mie instan menjadi alternatif makanan

Namun tak sedikit orang yang suka mencampurnya dengan nasi.
Mereka menganggap jika hanya makan mie saja tanpa maka nasi, itu sama saja dengan tidak makan.
Dan yang perlu diketahui, ternyata makan MIE INSTAN jika dicampur dengan nasi sangat berbahaya bagi tubuh.

Hal ini dikaranakan kandungan yang terdapat dalam mi instan dan nasi adalah sama yakni mengandung karbohidrat.Satu mangkuk mi instan mengandung 300 sampai 350 kadar kalori, sedangkan dalam satu mangkuk nasi mengandung 400 kadar kalori.

Jika kedua makanan ini dicampur dan dimakan secara bersamaan, maka sudah dapat dipastikan berapa kadar kalori yang masuk ke dalam tubuh kita.

  • Gizi Tak Terpenuhi

Nasi terkenal dengan kandungan karbohidrat yang banyak. Begitu pula dengan Mie Instan. Mungkin jika mengomsumsi keduanya,Laparmu bisa hilang. Namun, kandungan gizimu membuatnya mudah terserang penyakit.

  • Meninggikan Hormon Insulin

Bahaya memakan nasi bersama mie instan ini terletak pada karbohidrat yang menjadi sangat banyak. Keduanya mengandung sekitar 750 kalori jika dimakan bersamaan.
Karbohidrat menghasilkan zat gula ini akan berubah menjadi hormon insulin. Jika hormon insulin menjai tinggi, Kamu akan mudah terjangkit berbagai macam penyakit.

  • Obesitas

Bahaya dari mengonsumsi mi instan adalah obesitas. Mi instan memang dapat memberikan efek mengenyangkan, namun juga cepat membuat kamu merasa lapar dan membuat kamu akan cenderung ingin makan kembali.

Selain itu, mi instan juga memiliki kalori dan karbohidrat yang tinggi. Banyak orang mengonsumsi mi instan dengan menyandingkannya dengan nasi dan sering pula mengonsumsi mi instan pada saat malam hari. Hal ini yang membuat kelebihan kalori dan karbohidrat sehingga dapat memicu obesitas.

  • Berisiko Kanker

Mi instan memiliki bahan pengawet agar bisa disimpan lebih lama sebelum mengonsumsinya. Bahan kimia yang terkandung di dalamnya memiliki sifat karsinogenik yang dapat memicu sel-sel kanker.

  • Terganggunya Sistem Pencernaan

Terhambatnya nutrisi yang dibutuhkan tubuh juga berdampak pada terganggunya sistem pencernaan. Pencernaan membutuhkan bantuan mineral dan nutrisi yang banyak. Jika terganggunya pencernaan, maka kamu akan berisiko mengalami sembelit, kembung, bahkan usus bocor

  • Kerusakan Jaringan Otak

Sering mengonsumsi mi instan bisa menumpuk zat-zat kimia yang berbahaya dalam tubuh. Efek yang dirasakan bisa merusakkan sel-sel jaringan otak. Kerusakkan jaringan otak juga bisa memicu penyakit-penyakit lain seperti stroke atau kelumpuhan.

  • Memicu Kencing Manis

Bahaya mi instan juga dapat menimbulkan kencing manis. Hal ini disebabkan oleh kandungan gula yang melimpah pada mi instan.

  • Mengganggu Jadwal Menstruasi

Mi instan juga memiliki efek buruk bagi wanita jika dikonsumsi terus-menerus. Sodium yang terkandung dalam mi instan dapat mengganggu hormon yang menyebabkan jadwal bulanan wanita bisa terganggu. Hormon yang terganggu juga menjadi salah satu pemicu timbulnya jerawat.

  • Potensi kencing manis

Kalori dalam nasi dan efek samping mie instan tidak sedikit. Jika semuanya diolah, maka hasil olahan yang berupa gula tersebut akan membuat penuh tubuh. Kerja organ pankreas menjadi lebih keras. Bahkan mampu terjadi kerusakan di pankreas.

Bila sudah terjadi seperti itu, maka pankreas yang harusnya mampu memisahkan antara gula dan darah, yang terjadi adalah kedua zat tersebut menyatu dan tak bisa terfilter. Ketika anda kencing, masih ada dan mengandung gula

  • Kandungan mie instan yang tidak baik

Mie instan merupakan salah satu makanan yang tidak bergizi. Dalam istilah kedokteran lebih terkenal dengan istilah junk food atau makanan sampah. Bahaya junk food di dalam mie instan, tak ada kandungan protein dan vitamin, apalagi serat. Hanya ada lemak dan karbohidrat saja.

  • Risiko tekanan darah yang meninggi

Bahaya makan mie instan memang sangat tidak baik untuk tubuh. Terdapat zat sodium yang mampu meningkatkan tekanan darah dalam tubuh. Bahkan mampu meningkatkan resiko penyakit kardiovaskuler seperti jantung.

  • Melebarkan volume perut

Orang yang terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat, maka volume atau lingkar perut akan menjadi lebih lebar. Anda bisa melihat dari kebanyakan orang yang mengalami obesitas, memiliki lingkar perut yang luar biasa bundar bukan?

  • Pemicu penyakit lain

Dengan keadaan karbohidrat yang terlalu banyak, maka tubuh bagian perut anda akan menjadi lebih lebar. Jika ukuran perut anda adalah setengah dari tinggi badan, hal ini akan mampu meningkatkan resiko bahaya obesitas menjadi sarang berbagai macam penyakit.

2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.