17 April 2018

Berikut 9 Cara Membersihkan Injektor Mobil Secara Benar

9 Cara Membersihkan Injektor Mobil Secara Benar

OTOBERITA.com- 9 Cara Membersihkan Injektor Mobil Secara Benar dan Tepat. Setiap pemilik kendaraan bermotor memang perlu melakukan perawatan yang rutin, agar performa maupun kondisinya selalu bagus. Salah satunya merawat kendaraan roda empat atau mobil, terutama dibagian injektornya. Diketahui injektor mobil merupakan salah satu komponen yang cukup penting untuk proses pembakaran agar mampu menghasilkan tenaga.

Sehingga membersihkan injektor pada mobil biasanya dilakukan di bengkel mobil langganan maupun bengkel resmi kendaraan bermotor tersebut. Meski anda sendiri bisa melakukannya, namun ada beberapa hal yang perlu anda ketahui terlebih dahulu. Berikut ini ada 9 langkah membersihkan injektor mobil secara tepat dan benar.

9 Langkah Membersihkan Injektor Mobil

1. Poin pertama sebelum anda membersihkan injektor. Bersihkan dahulu saringan mesin. Jika anda tidak melakukannya maka usaha anda membersihkan injektor akan sia-sia, sebab tentunya kotoran yang berada pada filter mesin akan kembali naik ke injektor.

2. Poin kedua hidupkan mesin setelah itu anda perlu membuka relay fuel pump bensin. Tujuannya tak lain agar arus listrik ke fuel pump bensin dapat terputus. Akibatnya setelah beberapa detik mesin mobil akan mati dengan sendirinya, sehingga tidak ada lagi tekanan yang mengalir di saluran bahan bakar. Hal ini dilakukan apabila saat melepas injektor tidak ada bahan yang tumpah lagi.

3. Poin ketiga anda perlu mematikan mesin melalui kunci kontak dan kemudian lepaslah terminal negatif pada aki.

4. Poin keempat selanjutnya anda harus membuka pipa fuel delivery alias selang bensin yang dekat pada injektor. Tapi perlu di ingat bahwa mencabut komponen injektor ini ada yang mudah dan ada yang sulit tergantung dari konstruksi mesin mobil itu sendiri.

5. Poin kelima saat anda membuka injektor mobil pada pipa delivery harus berhati-hati agar seal injektor tidak rusak ataupun cacat. Jika anda mendapati seal injektor rusak, maka bisa membelinya di bengkel mobil terdekat dengan membawa contoh seal yang rusak tersebut.

6. Poin keenam cabut injektor secara hati-hati pastikan seal injektor tidak rusak, sebab cairan pembersih injektor kadang bisa merusaknya.

7. Poin ketujuh setelah membuka injektor, bersihkan dahulu bagian luar permukaan injektor dengan injektor cleaner. Agar pada ujung injektor yang tertempel karbon dapat bersih.

8. Poin kedelapan anda perlu memasang adaptor. Caranya pasang lebih dahulu injektor cleaner serta siapkan aki berdaya 12V. Kemudian pasang kabel terminal negatif aki ke ujung terminal injektor dan pasang kabel satu lagi ke terminal injektor lainnya.

Injektor Mobil Saat Dibersihkan

9. Poin kesembilan pada injektor mobil EFI biasanya memiliki dua terminal yakni positif dan negatif. Pastikan saat anda memasang soket kabel kedua terminal, bungkuslah soket dengan solasi agar nantinya tidak terjadi konsleting.

Langkah terakhir bila kondisi injektor mobil sudah benar-benar bersih, pasanglah kembali dengan hati-hati ke mesin serta perangkat lainnya yang anda lepas tadi. Demikian informasi 9 langkah membersihkan injektor mobil dengan benar dan tepat. Semoga bermanfaat bisa menambah wawasan anda menjadi lebih luas.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*