11 Desember 2018

Cara Memperbaiki Stater Motor Yang Tidak Berfungsi Dengan Baik

Cara Perbaiki Stater Motor Rusak

Halo sahabat otoberita masih bersama saya lagi tentunya di website ini , yang mana kita akan membahas mengenai Dunia Otomotif yang hingga saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok untuk setiap orang, nah untuk kesempatan yang baik ini saya ingin membahas mengenai cara memperbaiki stater Motor yang rusak atau tidak berfungsi sama sekali, pasti kalian pernah bingung kenapa starter motor bisa rusak atau tidak berfungsi dengan baik, salah satu penyebabnya biasanya karena kelistrikan yang kurang berfungsi atau dayanya sudah habis. Tapi starter mati sepertinya bukan menjadi suatu masalah yang besar karena masih bisa menggunakan Kick Starter yaitu dengan menggunakan starter motor tangkai yang ada disamping mesin kendaraan anda. Nah untuk itu kita perlu tahu dulu bagaimana cara memperbaiki starter yang rusak ini yah. Monggo simak langsung ulasannya dibawah ini supaya lebih jelas lagi.

Aki Atau Baterai

Yang pertama yaitu mengenai baterai ataupun Aki yang digunakan, dimana aki dan juga baterai yang anda gunakan merupakan sebagai sumber kelistrikan untuk bagian Motor anda baik untuk Starter motor, kemudian Klason motor dan juga kelistrikan lainnya, kalau listrik pada aki dan juga baterai motor habis maka bisa dipastikan untuk kelistrikan pada bagian Klason dan juga starter akan mati. Gunakan Multimerter atau avometer untuk mengecek ketegangan baterai maupun aki motor yang anda gunakan, paling tidak kurang dari 12 Volt sudah sangat bagus untuk kendaraan motor anda.

Rangkaian Starter

Kemudian yang kedua yaitu dengan mengecek rangkaian kabel yang mengarah ke starter, biasa saja ada socket-socket kabel yang mengalami kerusakan maupun putus sehingga arus listrik tidak mengalir dengan benar. Perlu anda periksa juga untuk mendapatkan penjelasan yang tepat. Bila anda kesulitan untuk memeriksa pada bagian socket starter maka kalian bisa langsung mebawanya ke Bengkel untuk langsung menyuruh para montir mengeceknya. Nah kalau kalian ingin mengeceknya sendiri kalian bisa membaca buku panduannya terlebih dahulu jika memang masih ada.

Relay starter

Yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan cara relay Starter, yang mana caranya sangat mudah dengan mengeceknya langsung ke bagian baterai dan juga aki. Dimana kalian bisa ambil beberapa socket kabel yang mengarah ke starter lalu colokkan pada bagian + dan juga – di baterai atau aki motor anda, jika terdengar suara Ctak nah itu artinya kelistrikan motor anda masih sangat normal, namun kalau sudah tidak berbunyi ataupun hanya sedikit saja terdengar maka bisa dipastikan aki atau beterai anda daya listriknya sudah habis. Anda perlu mengecasnya kembali biar full kembali. Mudah kan ?

Motor Starter

Kerusakan pada motor jenis starter sangatlah jarang terjadi, maka kalian bisa menggunakan multimeter untuk mengukur daya kapasitas baterai pada bagian + dan juga – untuk mengetahui kondisinya seperti apa. Tekan tombol startern untuk mengetahui apakah kelistrikan berjalan dengan baik atau tidak, jika tidak sama sekali bisa dipastikan kelistrikan motor anda rusak total dan anda harus memperbaikinya. Jika hanya brushnya saja yang rusak maka kalian bisa menggantinya dengan brush yang baru, murah kok gak mahal harga bursh motor baru.

Nah itulah beberapa tips bagaimana memperbaiki starter motor yang tidak sama sekali berfungsi atau rusak. Semoga artikel ini bisa berguna untuk kalian yang mempunyai masalah mengenai starter mati Yah. Terimakasih sudah berkunjung dan jangan lupa untuk memberikan komentar untuk artikel ini. Terimakasih.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.