3 November 2018

Cara Mudah Agar Rantai Motor Tidak Putus

Cara Agar Rantai Motor Tidak Mudah Putus

OTOBERITA.COM-Solusi Agar Rantai Tidak Mudah Putus. Sobat otoberita, pernahkah anda mengalami hal seperti rantai motor tiba-tiba putus saat berkendara? Semoga jangan pernah terjadi. Dikarenakan kejadian itu bisa membahayakan keselamatan pengendara. Mengulas soal rantai motor terkadang ada yang kendur, bahkan sampai aus hingga mengakibatkan rantai motor putus.

Untuk itu cara terbaik mengatasi persoalan rantai motor putus, ialah dengan cara melakukan perawatan rantai motor secara berkala. Mengingat rantai sepeda motor sering terkena kotoran atau lumpur yang menempel. Hal ini sangat mungkin membuat keadaan rantai berkarat, dan menimbulkan masalah serius bagi pengendara. Apalagi tegangan rantai yang cukup kencang, bisa membuat rantai motor putus. Mari simak ulasan penting mengenai rantai sepeda motor agar tidak mudah putus.

Coba anda setel rantai motor dengan posisi yang benar

Menyetel Rantai Motor Yang Benar

Cara itu memang sangat dianjurkan, mengingat setel rantai motor yang tepat untuk menghindari kejadian soal putus rantai. Perlu diingat bahwa menyetel rantai tidak hanya dikencangkan atau dikendurkan begitu saja. Hal terpenting yakni pengunci rangkaian ban dan pelek perlu diluruskan. Tak jarang cara setel rantai ini perlu dilakukan saat sudah menempuh jarak sekitar 1000 kilometer, atau bisa setelah minimal sebulan sekali pemakaian rantai motor baru. Poin utama selain menyetel rantai secara teratur, juga diperhatikan posisi rantai yang benar. Diketahui bahwa posisi rantai motor juga mempengaruhi ketahanan rantai itu sendiri. Bila miring tentu akan menggesek bagian lain yang membuatnya terkikis. Ada pula akan timbul suara bising yang tidak enak didengar.

Bersihkan kotoran yang menempel di rantai sepeda motor

Kondisi Rantai Motor Kotor

Cara selanjutnya pengecekan kondisi rantai motor, bila kotor segera dibersihkan. Agar kondisinya selalu baik. Bahkan meminimalisir terjadinya putus rantai sepeda motor. Adapun kotoran pada rantai biasanya terdiri dari debu, pasir atau tanah. Partikel itu juga bisa secara perlahan mengikis rantai motor. Bahkan bila dibiarkan lama mengendap bisa karatan. Cara membersihkan rantai sepeda motor bisa menggunakan minyak, atau semprotan cairan khusus untuk rantai. Hal ini dilakukan paling tidak sebulan sekali.

Aturan yang tepat memotong rantai sepeda motor

Rantai yang sudah lama digunakan biasanya akan kendur, dan tak jarang diantara mereka melakukan pemotongan satu mata rantai bahkan lebih. Sangat disarankan, jangan lebih dari satu kali sebab kinerja rantai motor menjadi kurang maksimal. Mengingat pabrikan rantai motor sudah memperhitungkan jarak antara gir dan rantai motor yang tepat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.