19 Oktober 2018

Cara Mudah Melepas dan Memasang Busi Motor Yang Benar

OTOBERITA.com РCara Tepat Mengganti Busi Motor. Berbicara mengenai busi motor, pasti semua pemilik kendaraan bermotor tahu. Komponen satu itu mempunyai peran sebagai penghantar pegapian bahan bakar ke dalam mesin. Sehingga apabila komponen busi sudah rusak, terkena air, aus ataupun berkarat, maka bukan tidak mungkin motor menjadi sulit menyala. Dan cara mengatasinya cukup dengan mengganti busi motor dengan yang baru. Pembelian busi bisa di toko aksesoris motor atau bengkel motor terdekat dirumah anda.

Diketahui meski terlihat mudah mengenai cara melepas busi dari motor tapi tak jarang diantara mereka cukup ribet mengatasinya. Padahal alat yang cukup anda sediakan sebelum memulai tak lain ialah kunci busi khusus dan tentunya sesuai agar rumah busi tidak rusak.

Periksa keadaan busi motor

Sedikit tips membuka busi motor sendiri yang perlu diperhatikan pertama yakni keadaan mesin motor kondisi dingin. Kemudian kunci busi khusus yang sesuai serta usahakan pakai kunci yang panjang. Selanjutnya tinggal memasukkan besi atau obeng ke antara lubang kunci busi dan putar berlawanan jarum jam alias ke kiri.

Namun bila usaha tersebut terasa berat saat diputar, sebaiknya secara perlahan untuk menghindari busi slek. Apabila sudah terlepas coba lihat keadaan busi masih layak pakai lagai atau perlu diganti dengan yang baru. Perlu diperhatikan bahwa busi aus itu pada ujungnya akan berwarna hitam pekat dan ada kerak disekitarnya.

Alangkah baiknya sebelum memasang busi dibersihkan dengan kain kering agar tidak terdapat kotoran atau air. Lalu masukkan ke rumah busi motor secara perlahan dan putar searah jarum jam alias ke kanan. Selanjutnya agar lebih rapat gunakan kunci busi untuk memutarnya sampai terasa pas.

Terakhir, busi motor sudah terpasang dengan benar. Silahkan mulai motor anda dengan cara kick starter sebanyak lima kali dalam keadaan kunci motor (OFF), setelah itu baru hidupkan kunci motor ke (ON), dan gunakan starter tangan. Dipastikan motor anda yang sudah diganti busi baru akan kembali hidup. Sekian tips melepas dan memasang busi motor yang benar menurut otoberita.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.