3 November 2018

Cara Mudah Memasang Kamera Mundur Mobil Alias Rear Camera dengan Benar dan Tepat

Pemasangan Kamera Belakang Mobil

OTOBERITA.com РCara Mudah Memasang Kamera Mundur Mobil (Rear Camera). Mempunyai mobil memang suatu kesenangan tersendiri. Apalagi bagi mereka yang suka dengan modifikasi mobil. Biasanya dikarenakan hobi atau sekedar tampilan mobil ingin lebih unik dari lainnya. Bahkan adapula untuk membuat mobil lebih berfungsi serta memudahkan pemilik mobil itu sendiri.

Seperti memasang kamera mundur mobil atau dikenal dengan rear kamera (bagi mobil keluaran lawas). Justru cara ini akan memudahkan pengemudi melihat kondisi belakang saat mau parkir ataupun sekedar mundur. Namun banyak pengguna mobil yang masih bingung bagaimana cara memasang rear kamera dengan mudah dan tepat. Khusus bagi pengemudi pemula simaklah ulasan di bawah ini.

Cara memasang kamera mundur pada mobil memang bisa dianggap lumayan gampang. Namun sedikit rumit ketika harus memasang rangkaian kamera belakang yang perlu ditata maupun dirakit terlebih dahulu. Sehingga nanti bisa pas dan bisa memudahkan pengemudi dalam memarkir mundur agar tidak terbentur objek.

Meski demian, pasti akan lebih mudah bila anda tahu bagaimana cara memasang rear camera mobil tanpa biaya tambahan memasang oleh mekanik. Hanya perlu membeli perangkat kamera mundur mobil saja dan dipasang sendiri. Nantinya juga bisa menyetel posisi kamera sesuai keinginan dan dapat diatur ulang dikemudian hari.

Di sisi lain, keberadaan unit kamera belakang menjadi bagian penting yang perlu ada sebagai media atau alat guna membantu pengemudi dalam mengendarai mobil. Di negara Amerika Serikat saja badan Keselamatan Lalu Lintas yang dikenal dengan NTHSA telah mengintruksikan para pabrikan mobil untuk memasang kamera belakang.

Langkah Pasang Kamera Mundur Mobil

1. Persiapkan rear camera mobil, jangan lupa pilih yang ada braket agar nanti mudah dalam proses pemasangan.

2. Ulur kabel dari monitor. Pasang dulu power kamera dan layar LCD yang telah disambungkan melalui reserve switch. Hal ini dilakukan supaya saat dalam keadaan masuk gigi mundur, layar LCD menyala secara otomatis untuk memantau situasi belakang yang telah dipasang kamera.

3. Apabila pemasangan kamera mundur mobil sudah selesai, jangan lupa membuka tutup pintu belakang dengan cara melepas pengunci yang berbahan plastik.

4. Sambungkan kabel kamera dari luar dengan kabel video dari arah LCD. Sobat bisa ambil kabel power dari lampu mundur alias stop lamp.

Rear Camera di atas plat nomor

5. Posisikan kamera belakang mobil sesuai keinginan. Biasanya terpasang dibagian atas plat nomor.

6. Kemudian pasang kamera dengan memakai double tape, baut, kabel tis agar posisinya tidak berubah-ubah.

Itulah beberapa cara memasang kamera mundur mobil dengan mudah. Sobat juga bisa langsung mempraktekkannya, namun bila takut keliru mintalah bantuan dari mekanik yang ahli di bidang tersebut. Meski cara pasang rear camera itu sederhana dan mudah tapi banyak diantara mereka yang masih saja belum bisa.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.