31 Oktober 2018

Deretan 10 Mobil Manual Paling Irit Bahan Bakar dan Harga Mobil

Renault Duster Mobil Hemat BBM
Renault Duster Mobil Hemat BBM (Source Img Renault India)

OTOBERITA.com- 10 Mobil Manual Paling Irit BBM. Banyak sekali para konsumen mencari sosok mobil irit bahan bakar, namun memiliki tenaga mesin yang bisa diandalkan. Di Indonesia sendiri mobil irit bbm tak lain ialah sederet mobil LCGC (Low Cost Green Car), yang cukup laris di pasar mobil Tanah Air. Bahkan penjualan mobil LCGC kini semakin melejit saja.

Dibalik itu ternyata ada beberapa mobil yang konsumsi bahan bakarnya terbilang irit. Menariknya ada yang sampai bisa menandingi keiritan sosok mobil LCGC. Seperti apa model mobil hemat BBM tersebut? Mari simak ulasan di bawah ini.

10 Mobil Manual Hemat BBM

1. Honda Civic Turbo (22km/liter)

Honda Civic Turbo Hemat BBM

Mobil buatan Hoda yakni Honda Civic Turbo ini termasuk mobil keren hemat BBM. Hal ini dikarenakan mobil jenis hatchback itu mengusung teknologi CVT berpadu dengan Earth Dreams Technology. Sehingga mampu menghasilkan akselerasi yang bertenaga, serta mampu mengoptimalkan bahan bakar lebih efisien.

Meski memakai embel-embel “Turbo”, tidak semerta-merta mobil Civic itu menggunakan bahan bakar yang berlebihan. Meski kapasitas silinder tergolong kecil, segi akselerasi hampir mirip dengan mobil kapasitas mesin di atasnya. Rata-rata penggunaan 1liter bahan bakar bisa melaju sejauh 22km itu berlaku pemakaian mobil diluar kota, sedangkan di dalam kota tembus 14km/liter.

Harga mobil Honda Civic Turbo berkisar Rp 480 juta hingga Rp 483 jutaan. Bagaimana sobat otoberita tertarik untuk membeli unit Honda Civic Turbo ?

2. Kia Picanto (19km/liter)

Harga Kia Picanto Murah Rp 90 jutaan

Tak kalah dengan Honda Civic Turbo, sosok Kia Picanto masuk kategori mobil hemat BBM. Segi tampilan mobil Kia Picanto memiliki karakteristik gaya berkendara fun to drive. Bahkan di daerah perkotaan mobil Kia Picanto berhasil menjadi salah satu mobil terbaik dikelasnya.

Dimensi bodi mungil, ringan dan cukup mudah menembus lalu lintas perkotaan yang kerap ramai.

Kia Picanto sendiri merupakan mobil mungil asal Negeri Gingseng. Adapun penyematan fitur ECO Mode yang membuat mesin mempunyai kinerja yang optimal, namun lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar. Tercatat Kia Picanto dapat melaju sejauh 19km/liternya.

Harga mobil Kia Picanto berkisar Rp 147 juta hingga Rp 166 jutaan. Sedangkan harga bekas Kia Picanto kabarnya ditafsir senilai Rp 120 juta sampai Rp 130 jutaan.

Baca juga : Daftar 5 Mobil Bekas Murah Rp 70 jutaan.

3. Nissan March (21km/liter)

Mobil Nissan March Murah

Mobil besutan Nissan berkapasitas 1.200cc yakni Nissan March. Mobil jenis hatchback itu mempunyai reputasi cukup baik dalam penggunaan bahan bakar tergolong irit.

Bahkan di negara Jepang, mobil Nissan March cukup terkenal sekali. Banyak peminatnya serta mampu menembus 21km/liter. Tampilan mobil sekilas cukup keren dengan lekukan bodi yang dipermanis. Untuk versi terbaru kabarnya Nissan March disematkan mesin besar yakni 1.500cc.

Harga Mobil Nissan March terbaru Rp 177 juta hingga Rp 215 juta, sedangkan mobil bekas Nissan March berlabel Rp 140 jutaan.

4. Mitsubishi Mirage (21km/liter)

Harga Mistubishi Mirage
Harga Mistubishi Mirage

Mitsubishi Mirage memang sejak awal telah di desain lebih mungil dan memiliki banderolan harga relatif terjangkau. Mobil baru Mitsubishi Mirage mempunyai target penjualan ke pasaran negara berkembang.

Mitsubishi Mirage juga masuk dalam ketegori mobil ramah lingkungan dan lebih efisien penggunaan bahan bakarnya. Bayangkan saja dalam 1liter bbm mampu melaju sampai 21km. Mobil mungil itu juga cukup tangguh diajak manuver dijalanan.

Harga mobil Mitsubishi Mirage terbaru Rp 171 juta hingga Rp 196 jutaan, sedangkan harga bekas Mitsubishi Mirage berkisar antara Rp 120 juta sampai Rp 130 jutaan.

5. BMW 320D (23km/liter)

Mobil Hemat BBM Si BMW 320D

Tak disangka pula sosok mobil sedan mewah bernama BMW 320D juga telah menyabet salah satu mobil hemat BBM. Meski dapur pacu bertenaga berkat mesin diesel 4 silinder kapasitas 1.997cc berpadu teknologi Twin Power Turbo.

Dengan mesin tangguh itu BMW 320D mampu memuntahkan tenaga maksimal sampai 184 Hp dan torsi 380 Nm, disalurkan melalui transmisi otomatis 8 percepatan.

Hadirnya mesin diesel canggih itu mampu mengefesien bahan bakar dalam 1 liter bisa sampai 23km. Adapun kecanggihan itu dikenal dengan EfficientDynamics.

Harga BMW 320D terbaru cukup mahal sekali yakni Rp 709 jutaan. Mengingat tampilan mobil yang elegan dan mewah.

Baca juga : 7 Mobil Mewah Para Milyader, Ingin Tahu.

6. Toyota Calya – Daihatsu Sigra (19km/liter)

Mobil Bekas Toyota Calya

Mobil Toyota Calya dan Daihatsu Sigra masuk ketegori mobil ramah lingkungan alias LCGC. Maka tak heran kedua mobil tersebut menyandang predikat mobil hemat BBM terbaik dikelasnya. Tercatat penggunaan bahan bakar 1liter dapat melaju sejauh 19km.

Selain itu harga mobil juga tergolong murah meriah. Mobil layak untuk dibeli ini mempunyai tampilan bodi yang yahut. Dan cocok sekali bagi konsumen yang mencari mobil murah namun irit bahan bakar.

Harga Toyota Calya dan Daihatsu Sigra ditafsir mencapai Rp 134 juta sampai Rp 152 jutaan. Dan untuk seri mobil bekasnya kisaran Rp 100 juta hingga Rp 110 jutaan.

7. Toyota Corolla Altis (18km/liter)

Harga Toyota Altis 2017

Toyota Corolla Altis merupakan sosok mobil keluarga yang mana tampilan mobil dirancang sedemikian rupa, agar tak lekang oleh waktu. Mobil kelas menengah ini juga termasuk irit konsumsi bahan bakarnya.

Alhasil dari dapur pacu mobil Toyota Corolla Altis yakni mesin 2ZR-FE kapasitas 1.800cc dual VVT-i berpadu manis dengan transmisi super CVT. Tercatat dengan mesin tersebut mampu melaju sejauh 18km/liter.

Proporsi bodi mobil yang elegan dan menawan membuat mobil ini cocok untuk dibeli. Kabarnya mobil Corolla Altis ini merupakan model abadi Toyota. Desain mobil yang tak membosankan di setiap generasi, membuat seri mobil bekasnya banyak yang mencari.

Harga Mobil Toyota Altis sosok mobil mewah ini Rp 408 juta hingga Rp 444 jutaan. Namun untuk mobil bekas Toyota Altis relatif murah yaitu senilai Rp 360 jutaan.

8. Honda Brio Satya (22km/liter)

Mobil Honda Brio Murah

Honda Brio Satya merupakan mobil hatchback murah, dan ketegori mobil LCGC (Low Cost Green Car). Tak heran mobil lansiran Honda ini sanggup menorehkan efisiensi bahan bakar yang cukup maksimal yakni 22km/liter.

Bahkan berkat dapur pacu mesin 4 silinder segaris, SOHC,16 katup, ditambahi i-VTEC + DBW membuat mesin kapasitas 1.198cc tersebut semakin memadahi dalam mode penggunaan bahan bakarnya. Alhasil tenaga mencapai 88 Ps mampu dihembuskan serta torsi maksimal hingga 109 Nm.

Untuk harga mobil Honda Brio Satya saat ini masih Rp 131 juta hingga Rp 151 jutaan. Dan untuk seri mobil bekas Brio Satya hanya berkisar Rp 90 jutaan tergantung kondisi mobil.

9. Renault Duster (24km/liter)

Mobil Renault Duster

Renault Duster di Indonesia memang tak banyak yang memiliki, namun siapa sangka mobil gahar itu ternyata mampu menggunakan bahan bakar seirit mungkin untuk melaju. Bayangkan saja 24km/liter berhasil ditorehkan oleh mesin hebatnya tersebut. Bahkan tergolong lebih baik dari sosok mobil LCGC pada umumnya.

Renault Duster ini merupakan golongan mobil low SUV yang cukup tangguh melibas berbagai jalanan baik diperkotaan maupun dipedesaan. Mobil SUV terjangkau ini mengadopsi mesin diesel turbo kapasitas 1.461cc. Berpadu dengan mesin 4 silinder segaris yang mana kabarnya dapat memuntahkan tenaga mencapai 110 Hp dan torsi maksimal 245Nm.

Mobil 4×4 sang Renault Duster bila anda ingin membelinya tentu secara utuh dari India alias produk CBU. Tapi ada kabar baik, yaitu model terbarunya kini sudah menyandang status CKD, maka secara keseluruhan mobil dirakit lokal di daerah Pulo Gadung, Jakarta.

Harga mobil Renault Duster mencapai Rp 235 jutaan.

10. Datsun Go Panca – Go+ Panca (22km/liter)

Mobil Murah Datsun Go + Type D Bekas

Mobil 100 jutaan yang menyasar segmen entry level yakni Datsun Go Panca dan seri Datsun Go+ Panca. Mobil yang tergolong LCGC ini mempunyai fitur yang memadahi di dalamnya.

Diketahui mobil Datsun ini dirancang dengan menggunakan teknologi perfect circle bore machining, yang nantinya sebagai penyokong peforma dan efisien bahan bakar menjadi lebih baik.

Seri mobil Datsu itu juga mengadopsi mesin 1.200cc, berbasis produksi di Indonesia. Untuk catatan penggunaan bahan bakar satu liter dapat mencapai jarak sejauh 22km.

Harga Datsun Go Panca dan Go+ Panca ini kisaran Rp 98 juta hingga Rp 122 jutaan. Adapun harga bekas Datsun Go Panca dan Go+ Panca hanya Rp 80 jutaan saja.

Itulah deretan 10 mobil manual hemat BBM yang bisa menjadi pilihan sobat otoberita membeli unit mobil baru maupun mobil bekas di dealer. Semoga ulasan di atas bermanfaat. Jangan lupa share yah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.