24 Mei 2018

Ini Loh Kelebihan Bahan Bakar Pertamax Di Bandingkan Dari Bahan Bakar Premium

Keunggulan Pertamax dibandingkan Premium

Mempunyai kendaraan sepeda motor atau mobil mungkin sudah menjadi kewajiban anda untuk melakukan pengisian bahan bakar, yang mana bahan bakar ini nantinya digunakan sebagai media pengapian mesin kendaraan bermotor anda agar bisa berjalan dengan baik. Bahan bakar banyak sekali Pilihannya mulai dari yang paling baru di tahun ini yaitu Pertalite, Pertamax dan juga Bahan bakar Premium. Dimana selisih harga dari ketiga jenis bahan bakar ini begitu tipis, namun dari segi kualitas memang benar sangat berbeda. Nah untuk itu anda juga perlu yang namanya menjadi pembeli yang pintar, memang benar premium memiliki harga yang lebih Murah , tapi bagaimana dengan kualitas untuk mesin kendaraan anda? Nah itu dia yang perlu di pikirkan lagi, teman-teman otoberita untuk kali ini saya ingin membahas apa sih perbedaan dari bahan bakar pertamax ini dari pada bahan bakar premium? Dan kenapa banyak sekali orang yang memilih bahan bakar pertamax dari pada premium padahal kalau di lihat dari segi harga lebih mudah premium. Ini dia alasannya.

Kelebihan dari bahan Bakar Pertamax :

Pertamax merupakan bahan bakar untuk kendaraan sepeda motor yang pertama kali di keluarkan oleh Perusahaan Bahan bakar terbesar yaitu Pertamina yang mana di lucurkan pada tahun 1999 dengan harga yang cukup tinggi dan kualitas yang bagus untuk melumasi mesin kendaraan anda, yang mana kemunculan Pertamax ini menggantikan Premix 98. Nah berikut kelebihan dari pertamax yang perlu anda ketahui terlebih dahulu.

  • Pertamax merupakan jenis bahan bakar yang mempunyai kelebihan untuk membersihkan bahan bakar yang masuk ke mesin kendaraan motor anda, dengan kandungan zat adiktif generasi ke 5 yang bersifat Detergensy yang artinya sudah siap untuk membersihkan kotoran maupun timbal yang ada didalam bahan bakar, sehingga untuk jenis motor injeksi dan juga komponen bahan bakar akan lebih terawat dengan baik, untuk zat adiktif generasi ke 5 ini sama sekali tidak ada didalam bahan bakar bersubsidi dan juga premium.
  • Kemudian untuk perbedaan pertamax dari Premium selanjutnya terletak dari perbedaan Nilai Oktan, dimana Nilai oktan pada bahan bakar pertamax ini memiliki nilai diatas 92 sedangkan untuk Premium hanya sekitar 88 saja. Perlu anda ketahui bahwa nilai Oktan ini sangat mempengaruhi ketahanan bahan bakar terhadap tekanan Kompresi, sehingga anda akan lebih merasa nyaman pada saat menggunakan kendaraan motor anda. Jika di paksakan untuk menggunakan Premium kembali maka akan terjadi yang namanya Knocking yaitu membuat mesin tidak bekerja dengan baik.
  • Pada Motor dengan emisi yang rendah sangat bagus jika menggunakan Pertamax, karena jika anda menggunakan pertamax keadaan mesin motor akan semakin terawat dan juga tetap akan mempertahankan emisi kendaraan yang lebih rendah.

Bagaimana jika kita mengoplos Bahan bakar pertamax dan Juga Premium ?

Untuk mengoplos bahan bakar premium dan juga Pertamax memang sah-sah saja untuk dilakukan, tapi kita harus lihat kembali ke Nilai Oktan yang sudah saya jelaskan tadi. Dimana nilai oktan untuk bahan bakar pertamax nilainya lebih tinggi yaitu sekitar 92 oktan sedangkan untuk Premium hanya sekitar 88. Jika kalian mengoplosnya maka bisa jadi nilai oktan menjadi 90 saja. Untuk itu kandungan zat adiktif yang ada didalam pertamax yang mana mempunyai funsi Detergensy tidak akan berjalan dengan baik, alasannya sangat simpel karena nilai yang seharunya 92 menjadi tidak stabil yaitu 90.

Nah itulah beberapa perbedaan dari bahan bakar pertamax dan juga premium beserta kelebihannya, semoga bermafaat yah

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*