31 Juli 2018

Ini Loh Penyebab Aki Motor Cepat Tekor

Aki Motor Mudah Tekor, Ini Cara Mengatasinya

Baterai pada aki motor memang sangat mempunyai peran yang begitu sangat vital, yang mana aki pada motor merupakan kompenen utama yang harus ada di kendaraan bermotor maupun mobil yang mana sebagai sumber kelistrikan untuk klakson, lampu, dan lain sebagainya, Jika kelistrikan tidak ada maka simpel sekali jelas Motor kinerjanya tidak maksimal sama sekali, oleh karena itu perawatan yang baik sangat di perlukan agar aki atau beterai motor tetap bekerja dengan baik. Nah teman-teman disini otoberita punya beberapa penyebab kenapa aki motor anda cepat sekali tekor untuk masalah kinerjanya sendiri, maka anda perlu tahu terlebih dahulu yah. Nah ini dia beberapa penyebab aki atau beterai motor anda cepat tekor.

Penyebab aki Motor cepat Tekor atau Habis:

Pemasangan Klaksons Tidak sesuai dengan kapasitas

Kebiasaan ini sering sekali dilakukan oleh para pengendara sepeda motor, yang mana mereka kadang lebih memilih menggunakan klaskon dengan ukuran bunyi yang lebih besar dan melenting, tidak tahu maksudnya untuk apa, apa hanya sebagai hiasan untuk membuat orang kaget atau bagaimana. Padahal klakson yang standar saja jika digunakan dalam 1 bulan penuh bisa membuat aki cepat tekor, yang mana penggunaan klakson sendiri begitu besar terutama pada kelistriikan yang di hasilkan, bagaimana jika klakson di modifikasi menjadi lebih besar, pasti sumber kelistrikan juga harus besar dong.

Cek Kondisi Kiprok

Kemudian yang kedua yaitu mengenai kondisi kiprok, dimana kiprok merupakan alat yang digunakan untuk membatasi tegangan yang dihasilkan oleh mesin kendaraan, jika kiprok ini rusak maka bisa di pastikan charging akan terjadi yang namanya Overcharging yang berakibat pada kerusakan baterai atau aki motor, sehingga membuat kelistrikan tidak berjalan dengan baik, misalnya saja pada saat di starter bisa hidup dan kadang-kadang mati, dan juga pada saat penggunaan klakson juga seperti itu, kadang bisa dan juga tidak Bisa. Hal ini yang berakibat fatal jika dibiarkan terus menerus nantinya.

Bore Up

Banyak juga yang bertanya-tanya kenapa para Biker lebih memilih melakukan Bore Up untuk motornya sendiri, yang pasti mereka ingin kecepatan silinder pada kendaraan motor mereka lebih cepat berputar, namun dalam kondisi ini bisa membuat peningkatan pada lempengan silinder, sehingga karena kompresi menjadi lebih tinggi mengakibatkan starter menjadi sangat berat untuk memutarkan mesin. Lantaran terus di paksa akhirnya aki mejadi lebih tekor lagi deh. Jadi perhatikan juga kalau kalian ingin melakukan yang namanya Bore up pada kendaraan bermotor sobat yah. Jadi lebih baik kalian melakukan cek up terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan untuk melakukan bore up langsung.

Lampu HID dan Stop Lampu

Kemudian yang selanjutnya yaitu mengenai lampu HID dan juga stop lampu, dimana keadaan ini juga bisa membuat keadaan aki atau betarai Motor menjadi tidak bekerja dengan baik, akibatnya membuat kelistrikan motor tidak berjalan dengan baik. Keadaan lampu HID yang semakin terang tidak sesuai dengan standar juga bisa membuat Aki motor rusak atau daya nya lebih cepat habis. Jadi anda bisa mengurangi pengguaan lampu HID yang cukup terang.

Nah itulah beberapa penyebab kenapa aki atau betarai motor anda cepat tekor atau rusak, semoga bisa berguna dan bermanfaat untuk kalian semua yah. Terimakasih sudah berkunjung kesini yah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.