25 Mei 2018

Inilah Beberapa Cara Mengganti Aki Motor Dengan Mudah Dan Benar

Cara Mengganti Aki Motor Dengan Benar

OTOBERITA.com – Inilah Beberapa Cara Mengganti Aki Motor Dengan Mudah Dan Benar. Aki merupakan suatu komponen terpenting dalam sebuah kendaraan bermotor. Aki merupakan salah satu sumber kelistrikan yang berfungsi memberikan tenaga kerja mesin pada kendaraan bermotor. Maka dari itu, komponen motor yang satu ini harus kita rawat dengan sebaik mungkin agar tetap terjaga fungsinya.

Pada dasarnya aki dibagi atas 3 jenis yakni Aki Kering (Aki Maintenance Free), Aki Basah (Aki Konvensional), dan Aki Hybrid. Dari ketiga jenis aki diatas, aki keringlah yang memiliki harga paling mahal dibandingkan dengan aki yang lain. Namun semua itu tentunya sesuai dengan keunggulan yang diberikan. Misalnya jika motor kita menggunakan aki kering, maka kita tidak perlu untuk mengecek ketinggian air aki, seperti halnya perawatan yang harus dilakukan terhadap aki hybrid dan aki basah.

Aki mempunyai usia masa pakai antara 1-3 tahun. Namun semua itu tergantung pada pemakaian serta perawatan terhadap aki tersebut. Jika dirasakan kinerja aki sudah tidak maksimal lagi, maka lebih baik sesegera mungkin mengganti aki dengan yang baru. Jangan pernah abaikan hal sepele ini, karena apabila tidak segera diganti dengan yang baru dikhawatirkan akan terjadi adanya kerusakan pada motor.

Pada proses pemasangan aki tersebut memang terbilang cukup mudah. Namun bagi anda yang belum mengerti secara mendetail, hal ini akan menjadi sulit. Maka inilah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengganti aki motor dengan mudah dan benar.

Cara Mengganti Aki Motor Dengan Mudah Dan Benar

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu mencabut kabel-kabel yang terdapat pada aki lama. Namun dalam hal ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu cabutlah kabel negatifnya terlebih dahulu. Caranya yaitu dengan melonggarkan bautnya, kemudian kabel-kabel tersebut dapat anda ganti. Setelah pencabutan kabelnya selesai, berikutnya cabutlah bagian baterai pada aki. Dalam hal ini anda harus berhati-hati, agar posisi aki tetap terjaga dan air aki tidak tumpah.
  2. Langkah kedua yaitu anda dapat memasang aki yang baru, kemudian pasang kabelnya kembali. Pastikan untuk kabel yang negatif dihubungkan paling terakhir. Selanjutnya anda dapat menambahkan cairan anti korosi pada aki yang baru tersebut. Cairan anti korosi ini berfungsi untuk mencegah terjadinya korosi pada terminal aki motor anda.
  3. Langkah ketiga yaitu, dalam pemasangan kabel, anda dapat mengecek sekalian dari kebersihan kabel-kabel tersebut. Jika kabel-kabel tersebut sudah kotor atau terkena debu, anda dapat membersihkannya dengan menggunakan kawat kecil. Kemudian jika keseluruhan kabel sudah bersih, sambungkan kabel-kabel tersebut. Jangan lupa pastikan setiap kabel-kabel tersebut terhubung dengan kuat dengan cara mengencangkan bautnya.
  4. Langkah yang terakhir yaitu cek semua yang telah anda lakukan tadi. Selain itu jangan lupa untuk sekalian mengecek bagian regulator. Pastikan jika regulator masih dalam keadaan normal dan masih dapat berfungsi dengan baik. Karena jika regulator rusak maka dapat berakibat fatal pada aki motor anda.

Pemasangan aki motor tersebut sebenarnya mudah dilakukan jika anda sudah terbiasa untuk melakukannya sendiri. Selain itu anda dapat hemat biaya tanpa harus membawa motor anda ke bengkel. Demikian informasi mengenai cara memasang aki dengan mudah dan benar, semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*