20 Oktober 2018

Inilah Cara Memanaskan Mesin Mobil Dengan Tepat Dan Benar

Tips Memanaskan Mobil Matic Atau Manual

OTOBERITA.com РKetahuilah Cara Memanaskan Mesin Mobil Matic Ataupun Manual Dengan Tepat Dan Benar. Sebelum anda menggunakan mobil untuk melakukan perjalanan, alangkah baiknya jika memanaskan mesin mobil terlebih dahulu. Karena hal ini sangat dianjurkan bagi anda pengguna mobil. Dengan melakukan pemanasan mesin mobil secara rutin maka dapat membuat kinerja mesin menjadi lebih baik serta akan lebih awet.

Tetapi melakukan pemanasan terhadap mesin mobil tidak sembarangan dilakukan karena jika salah akan berakibat fatal. Selain bertujuan untuk menjaga kinerja mesin agar menjadi lebih baik. Memanaskan mesin mobil juga dapat membantu sirkulasi oli untuk melumasi seluruh bagian komponen yang terdapat di dalam mesin. Jika mobil tidak dipanasi terlebih dahulu dan langsung melakukan tancap gas maka akan timbul adanya gesekan keras yang dapat berakibat kerusakan parah.

Jadi sebelum mengemudi mobil, lebih baiknya jika melakukan pemanasan mesin terlebih dahulu. Dan itu tidak memerlukan waktu yang lama hanya sekitar 5 menit, sedangkan untuk mobil yang berjenis injeksi biasanya hanya 3 menit saja sudah cukup. Untuk mobil berjenis injeksi lebih cepat pemanasannya karena sirkulasi oli lebih cepat menyebar jika dibandingkan dengan mesin karburator.

Lihat Indikator Temperatur

Salah satu cara memanaskan mobil yaitu dengan melihat indikator temperatur. Jadi, jika posisi indikator berada pada sepertiga jarum maka itu pertanda bahwa mobil siap untuk dikemudi.

Saat melakukan pemanasan mobil, alangkah baiknya jika AC dimatikan terlebih dahulu, karena supaya aki bisa sepenuhnya tersalurkan pada dinamo starter mobil. Selain itu, jika melakukan pemanasan janganlah terlalu dalam memainkan gas, hal tersebut tentunya bertujuan untuk menjaga semua komponen yang ada didalam mesin agar tetap awet. Jadi mobil akan terasa lebih nyaman saat dikendarai.

Demikian cara melakukan pemanasan mesin mobil dengan tepat dan benar agar kinerja mesin menjadi lebih baik serta tetap awet. Maka lakukanlah sesuai dengan langkah yang benar. Dan jangan sampai salah saat melakukan pemanasan mesin mobil karena dapat berakibat fatal. Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.