21 Mei 2018

Inilah Cara Memanaskan Mesin Mobil Yang Benar

Cara Memanaskan Mesin Mobil Dengan Benar

Otoberita.com-Cara Memanaskan Mesin Mobil Manual Maupun Matic. Tujuan daripada memanaskan terlebih dahulu mobil sebelum digunakan yaitu untuk menjaga performa mesin agar tetap baik serta lebih awet. Jadi, memanaskan mesin mobil secara rutin sangatlah dianjurkan oleh pihak pabrikan maupun pihak bengkel.

Namun, memanaskan mesin mobil tidak asal sembarangan, karena jika dilakukan dengan tidak benar malah justru akan membuat mesin rusak atau berakibat fatal. Memanaskan mesin mobil yaitu bisa membantu kerja sirkulasi oli melumasi semua komponen yang ada pada mesin. Jadi, jika mobil akan digunakan tetapi tidak memanaskan mesin terlebih dahulu akan berakibat rusak karena adanya gesekan yang terlalu keras.

Biasanya untuk memanaskan mesin mobil hanya butuh waktu 5 menitan saja sudah cukup. Sedangkan untuk mesin mobil matic cukup 3 menitan saja, karena sirkulasi olinya lebih cepat menyebar ke semua komponen mesin dibandingkan dengan menggunakan mesin karburator.

Lihat Indikator Temperatur

Salah satu cara memanaskan mesin mobil dengan benar yaitu lihat dan perhatikan indikator temperatur. Jika posisi indikator berada pada sepertiga jarum itu tandanya mobil sudah siap untuk digunakan.

Pada saat melakukan pemanasan mesin mobil tidak disarankan memainkan gas yang terlalu dalam, karena itu bertujuan untuk menjaga agar komponen yang ada pada mesin tetap terjaga keawetannya. Dan yang tidak kalah penting saat memanaskan mesin mobil lebih baik mematikan AC nya supaya aki bisa tersalurkan pada dinamo mobil dengan baik.

Demikian ulasan tentang bagaimana cara memanaskan mesin mobil dengan benar agar mesin tetap awet. Dan jangan sampai salah dalam melakukan pemanasan mesin mobil karena hal tersebut dapat berakibat fatal. Lakukan dengan baik dan benar sesuai anjuran. Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*