18 Oktober 2018

Inilah Efek Saat Pakai Gearset Variasi

Efek Memakai Gearset Variasi

OTOBERITA.COM-Akibat Memakai Model Gearset Tak Standart. Tak banyak para pecinta roda dua sering merasakan kondisi sepeda motor mulai lelah saat di perjalanan. Berkat tarikan motor kurang kencang atau hal lainnya. Itu bukan salah sepeda motornya. Pasalnya, pihak pabrikan sepeda motor sebenarnya sudah mensetting spesifikasi motor pada kondisi terbaik di jalanan, serta untuk pemakaian yang sewajarnya saja. Sehingga bagi para biker bermental pembalap bahkan suka touring mendaki gunung lewati lembah, standart bawaan pabrik serasa kurang memadahi sesuai kebutuhan.

Alhasil, modifikasi sepeda motor menjadi pilihan utama mereka. Agar mampu melewati rintangan yang akan dilalui. Tingkat modifikasi juga ada yang ringan sampai expert sekalipun, tergantung keinginan pemilik motor. Poin utama yang sering dilakukan yakni merubah ruang mesin, untuk meningkatkan volume ruang bakar. Namun mengoprek mesin seperti itu justru memiliki efek buruk, yaitu mesin jebol sebelum waktunya. Padahal pemilik motor ingin tampil sangar dan gahar, tapi tergantikan oleh motor tak bisa jalan alias mogok.

Perlu disadari kondisi tersebut sebenarnya tak perlu sampai membongkar ruang mesin. Mengingat salah satu prinsip fisika SMA, penggunaan motor dengan ratio rantai yang sesuai dapat meningkatkan kecepatan, atau kekuatan kendaraan dengan mudah. Prinsip itu tak lain ialah kombinasi roda dan gigi. Dikarenakan hubungan antara roda dan gigi pada sistem rantai memiliki rasio tersendiri.

Sepintas bila diperhatikan rasio gigi bagian depan motor lebih kecil dibandingkan dengan yang belakang. Hal inilah yang menimbulkan perubahan kecepatan putaran mesin menjadi torsi. Alhasil beban pada kendaraan saat dijalan dapat ditahan dengan mudah. Sehingga bila rasio gigi depan diperkecil dan rasio gigi belakang diperbesar. Maka sepeda motor akan memiliki tenaga super ekstra. Dengan demikian kecepatan dirubah menjadi torsi.

Dan berlaku sebaliknya bila rasio gigi depan diperbesar dan rasio gigi belakang diperkecil. Besar kemungkinan kecepatan putaran mesin lebih mengacu pada arah roda. Alhasil, sepeda motor dapat melaju lebih kencang ketimbang memakai standart gigi bawaan pabrikan. Tapi perlu disadari bahwa ada efek buruk dari mengganti gearset variasi tersebut, yaitu motor menjadi kehilangan torsi seolah tak mampu menahan bobotnya sendiri.

Diketahui modifikasi rasio gigi ini menggunakan kombinasi jumlah gear, dengan perhitungan yang tepat pada jumlah giginya. Mengingat telah dimodifikasi, tentu perlu mencobanya sampai menemukan kombinasi yang cocok atau pas saat dikendarai. Adapula yang menambah mata rantai bahkan pemotongan mata rantai sebab jarak antara gigi akan berubah. Untuk itu alangkah baiknya diserahkan pada teknisi yang sudah profesional dalam bidang roda dan gigi. Baca juga alasan mengapa gear dan rantai perlu diganti.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.