15 April 2018

Inilah Hal Penting Dalam Memilih Asuransi Mobil

Tips Memilih Asuransi Mobil Yang Terpercaya

OTOBERITA.com – Tips Memilih Asuransi Mobil. Cukup memprihatinkan sekali angka kecelakaan dijalan raya kini kian meningkat. Di Indonesia bukan hanya pengendara sepeda motor saja, namun pengemudi mobil juga demikian. Sehingga tak sedikit pengemudi mobil ingin perlindungan lebih. Salah satu caranya yakni mempercayakan kepada asuransi mobil. Hal ini terkait untuk meminimalisir resiko yang nantinya di alami oleh pengemudi, maupun kendaraan itu sendiri.

Ahmad Fatkhur, Chief Executive Officer Adira Insurance menambahkan, “pentingnya memiliki asuransi perlu secara bertahap diberikan kepada masyarakat luas. Bahkan tips memilih asuransi mobil yang paling utama, yaitu pengajuan aplikasi yang mudah dan klaim itu sendiri. Dengan begitu mampu membuat masyarakat tidak enggan untuk berasuransi. Jika kemudahan itu terus dikembangkan oleh perusahaan asuransi.”

Berikut, 7 Tips Memilih Asuransi Mobil yang Tepat dan Jitu

1. Sesuaikan dengan kebutuhan

Poin pertama ini sangat penting sekali. Sebelum memilih asuransi mobil, perlu menyesuaikan dengan kebutuhan. Ada dua pilihan jenis asuransi yaitu asuransi all risk dan asuransi Total loss only (TLO).

Diketahui asuransi all risk ini memberikan jaminan ganti rugi atau perbaikan atas keseluruhan, maupun sebagian yang di alami oleh mobil. Akibat tabrakan, benturan, tergelincir, terbalik, percurian, kebakaran, atau kecelakaan di jalan raya.

Sedangkan jenis asuransi Total Loss Only (TLO), memberikan jaminan ganti rugi atas kerusakan total yang dialami mobil secara langsung. Akibat kecelakaan, mobil kebakaran, dan lain sebagainya. Usia kendaraan maksimal 15 tahun.

2. Pilih Perusahaan yang terpercaya

Agar calon pelanggan asuransi merasa lebih puas. Sebaiknya memilih pihak asuransi yang terpercaya dan sudah di akui oleh lembaga tertentu. Termasuk mendapatkan pengawasan ketat dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

3. Harus Jelas Isi Polis

Kejelasan isi polis sangat perlu diperhatikan. Apa saja yang perlu disiapkan untuk dicover maupun hal apa saja yang tidak dicover. Sehingga tidak hanya dijelaskan dalam polis saja. Pelanggan juga perlu mendapatkan informasi yang jelas mengenai perusahaan asuransi. Hal ini bertujuan agar nantinya saat mengajukan klaim tidak ditolak hanya karena masalah tidak tercover.

Cara Klaim Asuransi Mobil

4. Kemudahan Dalam Proses Klaim

Selain tiga poin di atas, kemudahan pelanggan dalam mengklaim asuransi mobil sangat penting. Di era zaman now ini tentunya sudah bisa proses klaim melalui aplikasi dan tentunya ada syarat tersendiri. Seperti laporan kronologis kejadian, melakukan foto kerusakan mobil, mengisi data pribadi dan lain sebagainya.

5. Perlu Jaringan Bengkel Yang Tersebar Luas dan Rekomendasi

Dengan adanya jaringan bengkel yang luas dan terstandarisasi. Tentu pelanggan akan merasa puas dengan pelayanan ini. Mereka bisa memilih bengkel yang rekomendasi, dan mampu memberikan pelayanan yang terbaik.

6. Adanya Layanan Konsumen 24 Jam

Pelayanan konsumen 24 jam memang perlu ada. Agar ketika pelanggan sewaktu-waktu membutuhkan informasi atau sekedar ingin bantuan selalu on time.

7. Jangan Tergiur Harga Premi Murah

Diketahui bila perusahaan asuransi tersebut sudah diawasi oleh OJK, tentu mengenai harga premi sudah distadartkan. Sehingga jangan mudah tergiur dengan harga premi murah, untuk asuransi mobil yang justru bisa jadi abal-abal. Bahkan bisa jadi nanti saat minta klaim malah dipersulit.

“Pentingnya keselamatan berkendara dijalan raya merupakan hal yang kruisal. Jadi perlindungan diri, mobil dan finansial anda dengan fasilitas asuransi mobil. Dalam faktanya asuransi mobil memberikan jaminan secara riil akibat musibah yang menimpa anda,” ujar Ahmad Fatkhur.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*