31 Juli 2018

Inilah Kei Car, Mobil Mungil Favorit Warga Jepang

Kei Car Mobil Mungil Idola Warga Jepang

OTOBERITA.com- Kei Car atau Kei Jidosha Mobil Idola Warga Jepang. Diketahui mobil mini yang biasa disebut citycar memang diciptakan untuk mampu menjelajahi perkotaan dengan mudah. Tentu mengenai spesifikasi mobil sudah disesuaikan dengan medan di kota. Lantas, taukah kalian mobil apa yang kini kian banyak diminati oleh warga Jepang?

Negeri Sakura alias Jepang ini memang prioritas utamanya adalah si pejalan kaki. Namun dibalik itu ternyata muncul sosok mobil idola Jepang yang sering digunakan untuk penunjang aktifitas berkendara.

Mobil itu tak lain ialah varian mobil dengan desain mungil namun cenderung kotak. Sebut saja Kei Car yang mana biasa dijuluki dengan Kei-Jidosha yang memiliki arti sebagai mobil kecil. Mobil yang digemari warga Jepang tersebut cukup simple dan minimalis.

Berbeda dengan selera warga Indonesia yang cenderung menginginkan mobil berdesain elegan dan mampu menampung banyak muatan seperti contoh varian mobil MPV. Bahkan alasan lain Jepang memilih mobil jenis citycar yakni fungsi mobil yang minimalis. Sehingga tak heran mobil kecil menjadi primadona warga Jepang.

Kecintaannya dengan varian mobil kecil dimuali dari pasca perang dunia kedua. Dulunya perekonomian warga Jepang masih belum stabil sehingga banyak yang tak mampu membeli sebuah mobil idaman.

Ditambah lagi banyaknya mobil buatan Amerika Serikat atau Eropa yang dijual dengan harga relatif tidak terjangkau untuk warga Jepang. Dengan begitu secara otomatis daya beli akan mobil tersebut cukup kecil. Inilah yang membuat pabrikan otomotif Jepang berinisiatif menciptakan mobil dengan harga murah.

Kabarnya mobil yang pertama kali dibuat oleh pabrikan otomotif Jepang yakni mobil bermesin 300cc. Setelah itu menghadirkan kembali kapasitas mesin 550cc. Tepat di era tahun 90’an, produsen Jepang mulai membuat mesin berkapasitas 600cc yang ditanamkan pada varian mobil jenis citycar.

Di tahun 90’an Kei Car dikenal dengan ABC. Mungkin sebagian orang mengenal ABC adalah sebuah produk makanan. Namun di Jepang, sosok ABC merupakan mobil idola seperti halnya Toyota, Mazda, Suzuki, Daihatsu dll.

Menariknya mobil idola Jepang yakni Kei Car, bila dilihat sekilas tampilannya nampak kecil namun jangan ragukan soal jeroan mesin serta teknologi mobil yang sematkan ternyata cukup canggih. Sehingga membuat performa Kei Car cukup baik dan optimal.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.