4 November 2018

Intip, 9 Mobil Tak Laku Alias Gagal Dipasaran Otomotif

Mobil Suzuki Celerio
Mobil Suzuki Celerio

OTOBERITA.com -Nama 9 Mobil Gagal Dipasaran, Sampai Tidak Laku Jual. Mobil merupakan alat transportasi roda empat, yang mempunyai fungsi tersendiri bagi penggunanya. Termasuk yang memiliki keluarga besar. Sebab mempunyai ruang yang lega, sehingga muat lebih banyak orang. Tak heran peminatnya di kalangan masyarakat menengah cukup tinggi, apalagi dengan adanya sistem kredit mobil yang memudahkan para pembeli. Namun ada pula segelintir dari mereka yang membeli secara tunai mobil baru tersebut.

Namun ada beberapa produsen mobil yang melebarkan sayapnya ke pasaran otomotif Indonesia mengalami kegagalan. Bahkan mobil tidak laku jual, atau hanya sedikit yang membelinya sehingga berhenti produksi. Berikut ini nama 9 mobil tidak laku alias gagal pemasarannya, mungkin seri mobil tersebut asing di telinga sobat otoberita.

Intip, 9 Mobil Tak Laku Alias Gagal Dipasaran Otomotif

1. Nissan Murano

Nissan Murano

Melihat sang kompetitor yakni Toyota Harier, mengalami penurunan penjualan. Pabrikan mobil merek Nissan meluncurkan seri SUV buatannya bernama Nissan Murano. Mobil Nissan terbaru itu diproduksi pada tahun 2013. Namun, tak disangka tidak ada yang mau meliriknya untuk membeli unit mobil tersebut. Sehingga mobil SUV Nissan Murano mengalami discontinued, alias tidak dilanjutkan pemasarannya. Bayangkan saja di tahun 2014, tak ada satu unit Murano pun yang terjual.

2. Kia Morning

Mobil Tak Laku Si Kia Morning 2014

Mobil Kia Morning merupakan versi termurah dari Kia Picanto. Harga mobil Kia Morning edisi 2014 saja cuma Rp 100jutaan. Meski terbilang cukup murah, namun hanya sedikit sekali yang meliriknya. Tak sama dengan kakaknya si Kia Picanto yang laris manis di pasaran otomotif Indonesia. Dengan begitu mobil Kia Morning terdaftar sebagai mobil tak laku alias gagal pemasarannya. Maka pihaknya ditahun 2015, mulai memberhentikan produksi Kia Morning. Di tahun 2016 hanya ada “mobil sisa” yang dijual oleh dealer mobil.

3. Mazda VX-1

Mobil Mazda VX-1

Pabrikan mobil merek Mazda ternyata juga punya produk yang tak laku jual. Salah satunya mobil Mazda VX-1, dihitung sepanjang tahun 2014 total penjualan tak sampai 1.000 unit. Padahal promosinya besar-besaran sampai masuk pameran mobil. Sehingga mobil Mazda VX-1 terpaksa discontinued.

4. Puegeot 107

Mobil Puegeot 107

Produk mobil Puegeot 107 dikeluarkan karena seri Puegeot 106 tidak bisa menunjukkan pangsa pasar laris di Indonesia. Padahal di pasar Eropa mobil lansiran Puegeot merupakan salah satu mobil paling murah. Cukup disayangkan sekali meski modelnya minimalis, ternyata banyak orang yang tak tertarik untuk membeli unit mobil Puegeot tersebut.

5. Infiniti Car

Infinity Car

Sobat otoberita, apakah anda pernah mendengar suatu merek mobil Infiniti? Tentu, hanya segelintir dari mereka yang mengerti. Dan saking tidak begitu terkenal merek mobil tersebut. Maka tak heran total penjualan mobil tak sampai 100 unit, untuk keseluruhan seri mobil Infiniti yang dipasarkan di Indonesia. Mobil asal Jepang itupun cukup mengenaskan tercatat di tahun 2015 hanya laku terjual 8 unit saja.

6. Nissan Evalia

Nissan Evalia Si Mobil Gagal Jual Di Indonesia

Diketahui mobil Nissan Evalia ini diluncurkan kabarnya, sebagai penerus kesuksesan Grand Livina di pangsa pasar otomotif Indonesia. Termasuk mobil keluarga sosok Nissan Evalia tak bisa memikat para pembeli. Beda dengan Grand Livina yang begitu eksotis mampu meraih penjualan mobil terbanyak. Anehnya, mobil Nissan Evalia malah dicap sebagai mobil barang karena ruang yang terlalu besar tanpa ada fungsi untuk keluarga.

7. Toyota Nav1

Toyota Nav1 Si mObil Keluarga murah

Pabrikan mobil merek Toyota sungguh memiliki cita-cita menjadi raja, di segmen Multi-Purpose Vehicle alias MPV di pasar mobil Indonesia. Namun kenyataan tak terduga mobil Toyota Nav1 jauh dibawah ekspentasi. Bayangkan saja total penjualan mobil tak kurang dari 600 unit. Padahal merk Toyota dikenal punya nama dan produk terbaik.

Baca juga : 10 Mobil Kuno Berpenampilan Aneh.

8. Suzuki Celerio

Ingin menciptakan hal baru, mungkin itu yang terbesit dari pihak Suzuki membuat mobil Suzuki Celerio. Seri mobil itu nyatanya tak bisa meraih hati calon konsumen. Kegagalan pada Suzuki Celerio menjadi momok terpuruk untuk pabrikan berlambang S tersebut. Berbeda dengan seri Suzuki Ertiga yang cukup laris di pasaran mobil Indoensia.

9. Chevrolet Spin

Chevrolet Spin Mirip Toyota Avanza

Nama Chevrolet sendiri lebih dikenal sosok mobil pick-up alias mobil barang di Indonesia. Sehingga pihak Chevrolet memberikan nuansa baru membuat produk baru yang diberi nama Chevrolet Spin. Diharap akan mendongkrak penjualan dan mampu memenuhi ekspentasi. Tapi pada kenyataannya tidak sama sekali, bahkan tak membuat nama Chevrolet jadi lebih baik lagi.

Bagaimana sobat otoberita? pernahkan anda menjumpai atau melihat nama 9 mobil gagal jual itu di jalanan Indonesia?

1 Comment

  1. Industri otomotif di tanah air bukanlah industri yang mudah, ini adalah indsutri yang sangat kompleks dan dibutuhkan proses panjang untuk mewujudkan produk mereka agar bisa diterima masyarakat. Meskipun penjualan mobil di Indonesia tergolong tinggi, namun ada produk-produk yang terbukti gagal di pasar beberapa diantaranya jenis mobil SUV , jika dibandingkan dengan ekspektasi penjualan mobil tersebut di Indonesia

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.