24 Mei 2018

Intip, Tips Memilih Mobil Jenis Apa Yang Sesuai dengan Kebutuhanmu !

Mobil MPV Cocok Bagi Keluarga
Mobil MPV Cocok Bagi Keluarga

Tips Memilih Mobil Sesuai dengan Kebutuhan – Berbicara mengenai kendaraan roda empat memang tiada habisnya. Mulai dari produk mobil terbaru, harga mobil, spesifikasi mobil hingga kepopuleran mobil di pasaran otomotif terutama di Indonesia. Di sisi lain, mobil yang menjadi primadona tentu merupakan salah satu mobil terlaris. Lantas, apa model mobil tersebut sesuai dengan kebutuhanmu saat ini. Meski sebenarnya ada banyak sekali tips memilih mobil. Tapi kali ini membahas berdasarkan kebutuhan konsumen yang diprioritaskan.

Sudah lama sekali model mobil keluarga atau dikenal dengan Multi Purpose Vehicle (MPV), selalu menjadi pilihan utama konsumen Indonesia. Hal ini terkait mobil tersebut cocok sekali bila dipakai untuk berpergian bersama keluarga tercinta. Sehingga mobil dengan kapasitas penumpang muat banyak akan paling menjadi buruan konsumen. Apalagi harga mobil itu murah meriah tentu akan laris manis di pasaran.

Nah, dibawah ini ada beberapa jenis mobil yang layak untuk anda simak baik-baik sebagai tips memilih mobil bagi yang ingin membeli mobil baru disesuaikan dengan kebutuhan. Tapi perlu anda ingat bahwa tentukan tujuan penggunaan mobil. Seperti contoh digunakan untuk rutinitas pergi ke kantor maka lebih baiknya memilih mobil kompak yakni city car atau hatchback.

Mobil Kompak Cocok Untuk Wilayah Perkotaan

Rutinitas kemancetan di jalanan perkotaan sudah tak asing lagi, hal ini karena luas ruas jalan dengan kepadatan mobil yang selalu lalu lalang berbanding terbalik. Biasanya ini terjadi di ruas jalan yang banyak terdapat gedung perkantoran apalagi bersebelahan dengan sekolah.

Mobil Kompak Cocok Untuk Perkotaan
Mobil Kompak Cocok Untuk Perkotaan

Sehingga pilihan mobil kompak lebih direkomendasikan untuk memudahkan anda bermanuver dengan lincah di tengah kemancetan jalan kota. Di sisi lain anda jadi lebih mudah mendapatkan tempat parkir. Seperti contoh mobil mungil jenis kompak tak lain diantaranya Honda Jazz, Toyota yaris, Honda Brio, dan Kia Picanto cocok sebagai pilihan alat transportasi harian di perkotaan.

Lantas, bagaimana konsumsi bahan bakarnya? jangan khawatir sebab mobil kompak dirancang untuk lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar. Namun kekurangan mobil kompak adalah tidak mampu memuat penumpang lebih banyak serta tidak begitu nyaman ketika perjalanan jauh.

Bila tujuan anda membeli mobil baru untuk penunjang aktifitas keluarga berpergian jauh atau sekedar liburan di suatu tempat dan bisa muat barang bawaan yang banyak. Maka sangat direkomendasikan untuk membeli mobil jenis MPV (Multi Purpose Vehicle).

MPV Cocok Bagi Penunjang Aktifitas Keluarga

Segmen mobil MPV juga menjadi salah satu favorit di Indonesia. Tapi mobil MPV merek Jepang lebih mendominasi di antaranya Suzuki Ertiga, Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio dan lain sebagainya. Perlu anda ketahui semua merek tersebut menawarkan keunggulan yang di sukai oleh penikmat mobil keluarga yakni mampu menampung banyak penumpang atau muatan barang.

Tips Memilih Mobil Baru Disesuaikan dengan Kebutuhan

Adapula sosok mobil jenis SUV (Sport Utility Vehicle) atau dikenal dengan mobil petualang dan jenis mobil sedan. Diketahui kedua jenis mobil tersebut merupakan pemain kecil di segmen pasar otomotif Nasional. Hal ini terkait mobil itu hanya disukai oleh para pengemudi yang mempunyai minat khusus seperti hobi berpetualang, ingin tampil beda dari lainnya dan ingin terlihat macho mengemudi mobil SUV atau jenis sedan premium.

Pilihan mobil SUV di Indonesia bagi anda yang suka berpetualang baik ringan maupun berat untuk melintasi medan off road di antaranya Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, Honda CR-V, Chevrolet Captiva dan lain sebagainya. Varian mobil tersebut memang yang paling laris serta banyak peminatnya dan tentunya harga mobil relatif terjangkau. Nama lain mobil jenis SUV ialah Crossover yang mana mampu melibas jalanan off road, namun tetap menawarkan kenyaman dan tampilan desain mobil tak kalah dengan tipe mobil sedan.

Mobil SUV Bagi Pecinta Petualangan

Selain itu bila anda penikmat petualang yang cukup ekstrim maka mobil SUV yang cocok ialah varian Jeep, Land Rover dan merek lain bersistem penggerak 4 roda. Tapi harga mobil varian itu relatif mahal karena memang diciptakan untuk melibas jalanan ekstrim, sehingga tangguh baik itu mesinnya maupun bodi dibuat lebih kokoh.

Mobil SUV Cocok Bagi Petualang Tangguh
Mobil SUV Cocok Bagi Petualang Tangguh

Dan untuk tipe mobil jenis sedan ini paling banyak dijumpai pada penikmat mobil yang tidak ingin mengendarai mobil sendirian perlu pendamping seperti sopir mobil. Biasanya mereka adalah bos besar dan berderajat tinggi. Dengan begitu tingkat kenyamanan lebih diutamakan dalam memilih mobil sedan. Bahkan banyak pula pecandu kecepatan tinggi mengingkan mobil tipe sedan, selain bertenaga dan ringan diajak manuver.

Akselerasi mobil itulah yang membuat jenis sedan begitu di idamkan kalangan tersebut. Dan harga mobil sedan identik dengan mahal sekali. Bahkan ketentuan pajak mobil sedan terbilang lebih tinggi, maka tak heran mobil sedan yang beredar di Indonesia memiliki harga di atas rata-rata mobil pada umumnya.

Adapun nama sedan premium yang cukup laris di pasaran otomotif Indonesia yakni Honda City, Toyota Vios, Honda Civic, dan Mercedes Benz C Class.

Mobil LCGC Jadi Pilihan Terbaru Masyarakat Menengah Ke Bawah

Tips memilih mobil paling utamanya adalah tingkat kenyamanan dan sesuaikanlah dengan tujuan kebutuhan membeli mobil. Bagi yang mempunyai budget kisaran di bawah Rp 100 jutaan, maka direkomendasikan membeli mobil LCGC (Low Cost Green Car). Selain konsumsi bahan bakar yang efisien juga desain mobil tak kalah dengan tipe mobil yang disebutkan di atas.

Mobil LCGC atau dikenal dengan mobil murah meriah ini memang diciptakan dari hasil kebijakan pemerintah dalam dunia transportasi. Pilihan mobil juga sangat beragam mulai Rp 70 juta hingga Rp 100 jutaan sesuai dengan tipe mobil LCGC yang dipilih.

Sementara di segmen mobil jenis City Car dan MPV juga ada yang berharga murah dengan mengusung fitur standart saja seperti Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Datsun Go+ Panca, Suzuki Wagon R dan Honda Brio Satya.

Itulah tips memilih mobil disesuaikan dengan kebutuhan, jangan sampai malah membuat pusing ketika memilih mobil baru. Contohnya terbebani dengan biaya pajak mobil dan perawatan mobil.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*