24 Mei 2018

Inilah Keuntungan Menyalakan Lampu Motor di Siang Hari

Manfaat Menyalakan Lampu Motor Di siang Hari

Manfaat Menyalakan Lampu Motor di Siang Hari – Pihak kepolisian beberapa tahun lalu, telah memberlakukan peraturan mengenai sepeda motor wajib menyalakan lampu utama di siang hari. Namun peraturan itu terkadang masih saja belum di taati oleh pengendara motor, bahkan malah mendapatkan kritikan. Alasan utama kepolisian memberikan peraturan tersebut tak lain agar menekan angka kecelakaan lalu lintas setiap tahunnya yang selalu dominan dari pengendara sepeda motor.

Sehingga anda sebenarnya harus mengetahui terlebih dahulu manfaat menyalakan lampu motor di siang hari. Salah satunya kita menjadi bisa melihat pengendara lain yang datang dari kejauhan sebelum berbelok di tikungan, agar tidak menimbulkan kecelakaan. Apalagi ketika terjadi kabut di pagi hari, direkomendasikan untuk menyalakan lampu depan sebab jarak pandang antar pengendara saat itu semakin berkurang.

Sepeda Motor Wajib Menyalakan Lampu Depan pada siang hari

Dan kelebihan utama menyalakan lampu motor depan tak lain ialah mampu membantu pengendara dalam melihat situasi kendaraan di belakang melalui spion. Dengan begitu membuat pengemudi mobil bisa jelas melihat di belakang ada sepeda motor yang mau mendekat.

Dari tahun ke tahun, kesadaran masyarakat menyalakan lampu motor di siang hari juga semakin tinggi. Maka tak heran angka kecelakaan lalu lintas bisa lebih ditekan. Apa anda tidak mau berangkat maupun ingin pulang saat berkendara selamat di jalan ? Jangan sepelekan aturan wajib dari pihak kepolisian itu sebenarnya semata-mata untuk keselamatan berkendara.

Bahkan kini sepeda motor keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan lampu DRL (Daytime Running Light), seperti pada lampu mobil pada umumnya. Seperti contoh varian sepeda motor Honda New Vario 125, New Vario 150, CB 150R StreetFire, Yamaha R15, Yamaha New V-Ixion, dan lain sebagainya.

Peraturan Tentang Menyalakan Lampu Motor

Adapun aturan itu juga sudah dibuatkan undang-undangnya oleh Pemerintah tentang lalu lintas No.22 tahun 2009 pasal 293 ayat 2, yang berbunyi bahwa setiap pengendara sepeda motor yang tidak menyalakan lampu utama di siang hari akan terkena denda maksimal Rp 100.000,-.

Nah, bagaimana dengan kalian sobat otoberita ? Apakah sudah mentaati peraturan kepolisan tentang menyalakan lampu motor tersebut ? Ingat, berkendaralah sesuai aturan dan tetap berhati-hati. Jangan kebut-kebutan dijalan raya atau tidak mengenakan helm salah satu perlengkapan wajib berkendara. Salam otoberita.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*