31 Juli 2018

Kenali Lebih Jauh Tentang Batas Waktu Pemakaian Ban Mobil

Cara Mengenali Kode Ban

masa pakai ban

Mengenal Masa Expire Ban Mobil- Perlu sobat oto ketahui bahwa ban merupakan komponen yang dibuat dengan menggunakan beberapa komposisi material yang jelas berbeda. Dengan begitu membuat ban memiliki masa expire yang sebaiknya diketahui agar tidak terjadi hal yang tak di inginkan. Adapun masa expire ban ini yang telah di ulas oleh beberapa sumber mengatakan usia ban maksimal bisa mencapai 50.000 km atau ada pula jenis ban tertentu yang hanya bisa dipakai hingga batas pada 40.000 km saja. Sebenarnya seluruh produsen ban di dunia telah menetapkan batas rekomendasi penggunaan ban yang tepat sebagai salah satu syarat keamanan bagi pengemudi mobil.

Untuk masa expire ban sendiri ini oleh pihak perusahaan pembuat ban telah di letakkan di bagian samping ban. Namun bagi sebagian orang awam pengguna mobil di Indonesia kurang begitu paham akan hal informasi tersebut, sehingga mereka beranggapan penggantian ban “hanya” setelah ban benar-benar dalam keadaan tipis. Cara pengguaan ban seperti itu wajib dihindari demi menjaga keselamatan berkendara kapan saja dan dimana saja tempatnya. Baik pada saat musim kemarau atau ketika musim penghujan datang.

Nah, pada kesempatan kali ini sahabat otoberita akan bisa lebih mengetahui informasi tentang batas waktu penggunaan ban mobil yang benar dan tepat, jangan lewatkan ulasan di bawah ini :

  1. Poin pertama yang sobat perhatikan ialah pada bagian tanda segitiga yang tercetak bertuliskan “TWI”, tanda tersebut terletak di dinding ban. Biasanya informasi ini mengacu pada hal batas tanda keausan yang direkomendasikan oleh pihak pembuat ban mobil yang pasti ada di setiap ban. Lebih umumnya tanda itu berupa sebuah tonjolan.
  2. Kemudian di saat anda ingin memeriksa bagian ban, yang harus anda lakukan ialah pastikan posisi badan anda berada dalam posisi sejajar dengan ban. Dengan begitu anda bisa melihat permukaan ban itu sendiri telah rata atau sudah pada penunjuk batas keausan pada dinding ban yang menonjol pada kontur permukaan ban. Kesimpulannya bila permukaan sama rata dengan tonjolan tersebut, maka dapat di pastikan ban mobil anda telah berada dalam batas penggunaan maksimal dan sebaiknya lakukan proses penggantian ban yang baru.
  3. Poin ketiga adalah mengenai label tahun produksi ban yang sudah di sematkan oleh setiap produsen ban. Sehingga bila sobat otoberita belum tau lebih baiknya tanyakan pada pemilik toko dimana ban model baru yang akan anda beli tentang tahun produksi ban, kemudian cocokkan sendiri dengan label tahun produksi yang sudah tertera di bagian ban, sebagai contoh YMWR 1207, 15. Nah, kuncinya terletak pada angka terakhir yakni “15” kode ban tersebut merupakan kode tahun produksinya.
  4. Yang juga perlu sobat otoberita ketahuilah adalah mengenai standart ukuran ban. Cara mengeceknya cukup mudah semisal pada dinding ban tertera angka 195/60/R15. Angka 195 itu merujuk pada ukuran lebar ban, sedangkan angka 60 merupakan kode tinggi ban dalam bentuk persen terhadap lebar ban itu sendiri. Dan angka terakhir yaitu 15 ini merujuk pada ukuran velg ban yang di gunakan. Ini artinya setiap velg memiliki ukuran berbeda, pada sepeda motor jenis bebek biasanya memakai ban 17an dengan kode semisal 275/90/R17.
  5. Poin kelima ini khusus bagi yang aktif berkendara keseharian dengan melewati jalanan baik itu kontur permukaan rata atau berlubang, sebaiknya secara berkala memeriksa kondisi permukaan ban, sehingga sobat oto bisa mengetahui apakah ada tonjolan atau tidak. Jika ada sebuah tonjolan sebaiknya sobat mengganti ban dengan yang baru, sebab tonjolan itu cukup membahayakan keselamatan karena bisa berakibat ban meletus. Hal ini memang lumrah terjadi sebab setiap jenis ban tertentu memiliki titik lemah terhadap adanya kontur permukaan jalanan seiring berjalannya waktu. Selain itu biasanya tonjolan itu akan muncul pada ban yang masa produksinya sudah lebih dari tiga tahun lamanya. Dengan begitu telitilah dalam membeli ban mobil yang baru. Jangan sampai sobat oto tergiur pada label harga ban murah yang di tawari oleh penjual ban.

Beberapa poin di atas merupakan Tips Mengenal Batas Waktu Penggunaan Ban Mobil yang Benar dan Tepat, `namun yang paling penting adalah jadilah pengguna mobil yang cermat dalam membeli maupun memeriksa kondisi komponen yang ingin dibeli. Jangan lewatkan ulasan Bahayanya Mencharge Handphone di Mobil.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.