15 April 2018

Ini Lho Penyebab Mesin Motor Yang Brebet dan Cara Mengatasinya?

Cara Atasi Motor Brebet

Merawat kendaraan motor tentunya sebagai pemiliknya sendiri anda sudah harus paham mengenai kompenen-kompenen yang ada didalam motor anda, mulai dari mesin dan juga berbagai kompenen penting yang ada. Nah untuk itu anda harus lebih paham lagi cara mengatasi motor yang bunyinya Brebet. Pasti kita semua pernah mengalami hal yang sama. Pada saat motor dibawa dengan jarak tempuh yang agak jauh maka bunyi motor akan brebet dan kadang mati sendiri. Nah disini anda perlu pengetahuan tambahan sebenarnya apa sih penyebab motor bunyinya brebet dan juga sering mogok pada saat dibawa perjalanan yang cukup jauh ? Ingin tahu penjelasan lengkapnya ? simak langsung ulasannya dibawah ini yah.

Penyebab motor Brebet dengan sendirinya :

Cek Bahan bakar kendaraan anda

Untuk yang pertama mengatasi motor anda yang berbunyi Brebet maka anda bisa melakukan cek pada bahan bakar kendaraan motor yang anda gunakan, sering kali para pedagang nakal menggunakan campuran seperti air dan bahan lainnya untuk membuat bahan bakar menjadi Full 1liter, itu untuk mencari keuntungan dari penjualan. Bahan bakar dengan campuran atau oplosan seperti itu bisa menghambat kinerja dari mesin sendiri khususnya untuk pengapian. Yang mana pengapian tentu membutuhkan bahan bakar yang asli dan juga murni tidak ada campuran sama sekali. Saran dari saya jika ingin mesin kendaraan anda tetap terjaga dengan baik maka anda bisa membeli bensin di SPBU saja. Gunakan pertamax sekali-kali karena pertamax mengandung bahan adiktif generasi ke 4 yang fungsinya berguna untuk membersihkan kotoran yang ada dibagian mesin kendaraan anda.

Cek Tekanan Full Pump

Yang kedua yaitu dengan mengecek tekanan Full Pump pada bagian ukuran bensin, kadang mesin kendaraan anda akan bunyi brebet jika tekanan bensin terlalu tinggi dan juga terlalu rendah. Bisa juga disebabkan kerena kotoran yang masuk dari bensin juga. Oleh karena itu cek terlebih dahulu sebelum anda mengisi bensin kembali.

Cek keadaan busi

Kemudian yang ketiga untuk memastikan bahwa keadaan motor anda baik-baik saja maka anda bisa melakukan cek pada busi kendaraan yang anda gunakan, biasanya   motor yang brebet atau mati disebabkan karena beberapa hal dari busi yaitu basah dan busi tidak berkeja dengan baik. Untuk mengatasi busi yang basah karena Oli dan bensin maka anda bisa melepasnya terlebih dahulu kemudian mengeringkan bagian dalam tempat Busi dengan mengenkol pegas sambil menutupinya dengan menggunakan kain kering, lihat pasti ada bekas oli kotor yang membuatnya basah. Untuk businya sendiri anda bisa memegangnya menggunakan tang atau penjepit lainnya. Kemudian nyalakan api dan panaskan bagian kutup kelistirkan ke api sampai benar-benar kering. Diamkan beberapa saat dan pasang kembali. Pasti akan menyala dengan baik.

Servis Ke bengkel

Jika semua tips dari saya diatas sudah dicoba dan semuanya gagal Total untuk mengatasi masalah anda. Maka solusi terakhir yaitu dengan membawa kendaraan anda ke bengkel untuk di tangani langsung oleh para teknisi yang berpengalaman. Saya sarankan kunjungi saya Dealer resmi dari motor anda. Sehingga lebih aman dan mendapatkan garansi uang kembali.

Nah itulah beberapa tips mudah untuk mengatasi motor yang brebet dan juga mogok secara mendadak. Semoga bisa berguna untuk anda semuanya dan selamat mencoba semoga berhasil juga yah. jangan lupa untuk tetap berkunjung dan dapatkan informasi terbaru dari kami seputar dunia Otomotif.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*