24 Juni 2018

Motor Matik Anda Boros Bensin, Mungkin Ini Penyebabnya !

penyebab utama motor matik boros bahan bakar

Otoberita.com – Penggunaan Motor Matik Boros Bensin. Di Indonesia sendiri populasi motor skutik alias matik semakin pesat saja. Dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Bahkan motor matik Indonesia kini menjadi primadona masyarakat semua kalangan. Di samping itu konsumen yang membeli motor matik lebih praktis serta nyaman, ketimbang membeli motor bebek atau motor sport.

Selain penggunaan motor matik yang praktis, motor varian terbaru kini menjadi lebih irit konsumsi bahan bakarnya, namun tetap bertenaga. Hal ini berkat perkembangan teknologi mesin yang dibuat oleh perusahaan sepeda motor, baik itu merek Honda atau Yamaha dan lain sebagainya.

Tapi terkadang ketika sepeda motor matik sudah digunakan lebih dari setahun. Ada sedikit perubahan pada konsumsi bahan bakarnya, menjadi semakin boros. Tentu hal ini membuat pemilik sepeda motor skutik merasa bingung. Maka alangkah baiknya dilakukan pengecekan pada beberapa komponen motor yang bermasalah, mungkin ada yang rusak atau sudah perlu diganti.

Diketahui penyebab motor matik boros bahan bakar bukan dari pihak pabrikan. Namun disebabkan oleh pemilik sepeda motor matik, yang jarang melakukan servis motor secara berkala. Padahal ada beberapa komponen motor yang perlu dirawat agar kinerjanya tetap optimal. Tapi malah tidak ada penanganan yang begitu serius oleh pemilik motor itu sendiri.

Penyebab Motor Matik Boros Bensin

Menurut mekanik bengkel Hadi Motor, ada beberapa penyebab motor matik boros bensin salah satunya filter udara yang kotor. Dengan begitu aliran udara yang masuk ke dalam mesin tidak lancar, sehingga membuat bahan bakar terbuang lebih banyak. Solusinya bila aus segera diganti dan apabila kotor cukup dibersihkan saja. Perawatannya tergantung dari pemakaian.

Selain itu komponen lain yang perlu diperhatikan yaitu bagian blok silinder. Bila ada kerak tentu akan membuat kinerja pembakaran menjadi tidak sempurna. Dan pengeluaran bahan bakar akan sia-sia. Solusinya kerak karbon pada blok silinder perlu dibersihkan, cukup bawa ke bengkel terpercaya agar segera ditangani.

Penyebab motor matik boros bensin lainnya yakni di bagian komponen CVT yang sudah aus. Hal ini menbuat perputaran atau pergerakan roda menjadi lebih berat. Dengan begitu menjadi lebih boros bahan bakar. Solusinya cukup dengan mengganti komponen CVT yang aus dengan yang baru.

Apabila anda merasakan motor matik menjadi lebih boros bensin. Langsung saja bawa motor kesayangan ke bengkel terpercaya atau diler resmi. Dan tanyakan beberapa poin di atas, yang menjadi penyebab utama motor matik boros bahan bakar. Bila ada yang perlu diganti segera ganti dengan yang baru. Demi keselamatan dan kenyamanan anda berkendara.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.