19 Oktober 2018

Motor Terasa Oleng, Mungkin Ini Penyebabnya ?

Penyebab Motor Terasa Oleng

OTOBERITA.com- Beberapa Penyebab Motor Terasa Oleng Yang Perlu Anda Ketahui. Ketika anda berkendara tentu yang ingin dirasakan ialah kenyamanan, serta performa sepeda motor yang stabil alias tidak terasa oleng. Lantas, apabila motor anda sering terasa oleng tentu sangat mengganggu sekali aktifitas berkendara. Apalagi anda sedang berboncengan pasti penumpang di belakang akan merasakan tidak nyaman. Lalu, apakah sobat otoberita pernah merasakan hal tersebut ?

Diketahui memang kasus motor terasa oleng banyak dirasakan oleh sejuta umat. Jangan anda meremehkan masalah motor oleng, selain tidak nyaman juga bisa berakibat fatal. Penyebab motor terasa oleng sering terjadi dikarenakan berkendara di jalanan yang rusak atau bergelombang. Bahkan beban kejut yang berulang bisa menjadi salah satu pemicu motor oleng.

Sehingga secara tidak disadari mampu membuat beberapa komponen motor menjadi bermasalah. Lantas, komponen apa saja yang di maksudkan? Tentu yang berkaitan erat dengan roda. Berikut ulasan penyebab motor oleng.

Penyebab Motor Terasa Oleng

Velg

Ternyata, velg juga bisa berperan penting saat anda merasakan oleng pada saat berkendara motor. Akibat karena velg sudah tidak presisi kembali. Cara mengeceknya dengan alat bantu seperti batang besi, obeng atau sejenisnya. Lalu dekatkan alat tersebut sampai hampir menyetuh velg, bila saat roda digerakkan ke depan atau belakang obeng atau besi tersebut menyentuh, maka bukan tidak mungkin velg anda sudah tidak presisi lagi. Cara mengatasinya cukup anda bawa ke spesialis setel velg, soal harga cukup terjangkau biasanya roda depan belakang sekitar Rp 150.000,-

Laher Roda

Laher roda ini lebih dikenal dengan sebutan laker. Banyak kasus motor oleng ini juga disebabkan oleh laker bermasalah. Cara pengecekan cukup mudah, yakni ketika ban motor tidak kempis dan baut roda sudah dikencangkan tapi motor masih terasa goyang.  Bahkan bisa dengan cara lain yakni menggoyangkan roda ke kiri atau ke kanan dan ke arah belakang atau ke depan pada posisi motor standart ganda. Namun gerakannya terasa ada goyangan disertai bunyi, maka dipastikan laher roda rusak dan perlu diganti dengan yang baru.

Ban Motor

Adapun penyebab motor terasa oleng lainnya yakni kondisi ban sudah tidak presisi. Coba periksa kondisi ban apa ada kerusakan seperti bolong atau robek. Hal itu bisa membuat perjalanan berkendara tidak nyaman sekali. Apalagi rotasi ban terbalik. Cara mengatasi motor terasa oleng akibat  kondisi ban tidak presisi cukup kempiskan ban, lalu pasang kembali dengan posisi yang presisi.

Kesimpulan

Itulah beberapa penyebab motor terasa oleng. Masalah itu juga perlu penanganan serius atau perawatan secara berkala agar kejadian itu tidak mengganggu aktifitas berkendara anda. Semoga ulasan di atas bisa membatu anda dalam mengatasi motor terasa oleng dan penyebabnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.