22 Oktober 2018

Nih Dia Tips Jitu Rawat Motor Matic Kesayangan Anda! (Bag. 1)

Cara Merawat Motor Matic
Source Img : stangjepit.com

Semakin tahun, daya beli masyarakat Indonesia akan kendaraan bermotor semakin meningkat, baik itu kendaraan roda dua maupun roda empat. Sejalan dengan hal tersebut, dapat dikatakan mobilitas orang Indonesia juga makin meningkat. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tema tips merawat motor matic. Mengapa motor matic? Berdasarkan survey yang ada, daya beli masyarakat Indonesia terhadap motor matic adalah yang paling tinggi dibandingkan dengan motor bebek.

Banyak ragam alasan konsumen memilih motor matic jika dibanding dengan motor bebek. Salah satu alasannya adalah karena motor dengan model ini lebih mudah untuk digunakan serta lebih cantik dan ramping modelnya. Pada mulanya, motor matic banyak digunakan oleh kaum hawa saja, namun seiring berjalannya waktu, banyak juga pengguna dari kalangan laki-laki. Mengingat mobilitas yang semakin tinggi, maka dibutuhkan cara-cara jitu untuk rawat motor matic Anda seperti yang akan di bahas berikut ini!

  • Jangan lupa panaskan motor sebelum Anda gunakan

Bagi orang awam yang belum begitu paham dengan dunia otomotif, kebanyakan dari mereka menggunakan motor di pagi hari tanpa dipanaskan terlebih dahulu. Padahal, memanaskan mesin kendaraan, baik itu motor ataupun mobil bisa dibilang hukumnya wajib. Sebab, jika Anda tak melakukannya sama saja Anda memaksa kendaraan kesayangan Anda untuk bekerja lebih ekstra saat memulai kinerja mesinnya. Tentu saja, jangan menyesal jika karena hal ini kendaraan Anda jadi berumur pendek.

  • Pastikan Anda tak pernah kehabisan bahan bakar

Berbeda dengan motor bebek biasa, kehabisan bensin adalah hal yang paling berdampak buruk bagi jenis kendaraan yang mulai terkenal di Indonesia pada tahun 2005 ini. Cek terlebih dahulu strip penanda bahan bakar pada spidometer Anda, apakah bensin ada atau tidak. Sebaiknya, jika bensin sudah mendekati batas limit, segeralah pergi ke pom untuk mengisi bahan bakar. Motor berjenis matic akan lebih sulit di-starter jika ia sudah mogok karena kehabisan bahan bakar.

  • Usahakan melaju kendaraan dengan kecepatan stabil

Tips merawat motor berjenis matic yang ke dua adalah jangan terlalu sering merubah laju atau kecepatan motor Anda. Berbeda kan dengan zaman sekarang, banyak orang-orang yang semau dirinya sendiri merubah kecepatan laju, apalagi dari kalangan anak muda. Selain berbahaya bagi keselamatan diri mereka sendiri dan orang lain, melaju dengan kecepatan yang tidak stabil membuat mesin cepat rusak. Hal ini disebabkan oleh gas yang tiba-tiba ditarik maksimal kemudian rem mendadak dan mesin dipaksa lagi untuk berpacu dengan kecepatan tinggi.

Sobat Oto, pembahasan selanjutnya mengenai tips merawat motor matic akan dilanjutkan pada artikel berikutnya. Jadi, bagi Anda yang punya motor berjenis matic dan ingin agar kendaraan awet, jarang masuk bengkel, jangan lewatkan artikel selanjutnya. Masih dengan judul yang sama “Nih Dia Tips Jitu Rawat Motor Matic Kesayangan Anda! (Bag. 2).”

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.