3 November 2018

Nih Dia Tips Jitu Rawat Motor Matic Kesayangan Anda! (Bag. 2)

Cara Merawat Motor Matic
Source Img : stangjepit.com

Sobat Oto, kemana Anda melaju kecepatan motor matic kali ini? Kali ini, kita masih membahas topik diskusi yang sama yaitu tentang tips merawat motor matic nih. Jika kemarin ada tiga hal yang dibahas untuk menjaga performa motor matic, kali ini akan kami bagi tips ke empat dan seterusnya khusus buat Sobat Oto nih! Jadi, jangan lupa dibaca, ya!

  • Cek kondisi busi dan aki motor Anda

Jika Anda ingin agar motor matic senantiasa siap untuk dipacu kemanapun, jangan lupa untuk melakukan pengecekan pada busi dan akinya. Dua komponen ini merupakan dua komponen penting yang jika tak dijaga dengan baik bisa menyebabkan mesin motor mogok. Busi yang fungsi dengan baik dapat membuat laju motor Anda semakin kencang. Bukankah itu cocok bagi Anda yang suka berkendara dengan kecepatan tinggi?

  • Jangan lupa untuk mengganti oli motor Anda

Selain busi dan aki, hal lain yang tak boleh terlewatkan oleh Anda para pemilik kendaraan matic ini adalah keadaan oli. Jangan lupa untuk mengganti oli secara rutin. Sebisa mungkin jadwalkan paling tidak 1000 kilometer. Berbeda dengan oli biasa, untuk oli transmisinya paling tidak minimal harus mengganti sekali setiap jarak tempuh maksimal 5000 kilometer.

Selain oli yang ada pada mesin, oli pada shockbreaker juga harus rutin diganti. Dengan rutin melakukan pergantian oli pada shockbreaker, Anda juga membantu agar shock pada motor matic Anda dapat bekerja dengan baik. Untuk oli shockbreaker, Anda sebaiknya melakukan pergantian setiap motor sudah melaju paling tidak 10.000 kilometer. Jadi, selalu lihat dan perhatikan berapa kilometer sudah jarak tempuh motor matic Anda ya Sobat Oto!

  • Pastikan Ventbelt dan Roler berfungsi dengan baik

Perbedaan motor bebek dan motor matic adalah jika motor bebek dilengkapi dengan gear dan rantai motor sebagai komponen penggerak, sedangkan pada motor matic Anda akan menemukan venbelt dan roler dengan fungsi yang sama. Pastikan venbelt dan roler motor Anda bekerja dengan benar. Jika tidak, segeralah membawa motor Anda ke bengkel untuk diganti venbelt dan rolernya. Agar “kesehatan” tetap fit, pilihlah venbelt dan roler yang orisinil (spare part yang asli), ya Sobat!

  • Rutin men-service di bengkel resmi

Meskipun nampaknya motor matic Anda tak menunjukkan gejala-gejala kerusakan, Anda jangan menyepelekan untuk melakukan pengecekan bulanan di bengkel. Pilihlah bengkel resmi dengan montir yang bersertifikat untuk menangani motor matic Anda agar terhindar dari risiko terjadinya pemasangan atau instalasi mesin yang salah.

Bagaimana Sobat Oto? Tak sulit bukan tips merawat motor matic yang sudah kami paparkan di atas dan juga di artikel sebelumnya tentunya. Lakukan ha-hal yang sudah dijelaskan tersebut jika Anda ingin motor kesayangan tetap awet dan nyaman serta aman saat digunakan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.