21 Oktober 2018

Paduan Memilih Ban Mobil yang Berkualitas Unggul

Ban berkualitas

Cara Tepat Memilih Ban Mobil Berkualitas- Berbicara soal ban, memang tiada habisnya sebelumnya saja telah membahas mengenai “Masa Expire Ban Mobil Terbaru”, kali ini akan mengulas lebih jauh tentang Tips Memilih Ban Mobil Berkualitas Unggul. Seperti yang telah kita ketahui bersama dalam hal memilih ban memang sangat dianjurkan sekali yang berkualitas memumpuni, meski pastinya memiliki banderolan harga ban mobil yang relatif sedikit mahal tapi pasti kualitasnya di jamin terbaik. Jika di kemudian hari kondisi ban bermasalah ini artinya kemungkinan besar anda membeli ban yang tidak bermutu, sehingga menghambat perjalanan anda mengemudikan mobil dengan baik. Dalam banyak kasus ini sering sekali konsumen dipersulitkan adanya brosur mengenai spesifikasi ban mobil, bahkan ada pula “terminology bahasa” yang tercantum di dalamnya cukup membingungkan untuk dimengerti.

Namun yang perlu sobat otoberita pastinya dalam hal memilih ban mobil berkualitas yaitu ketahui terlebih dahulu tujuan penggunaan ban untuk penunjang keseharian maupun di pakai dalam ajang kompetisi. Biasanya bagi kendaraan sehari-hari ini lebih mengedepankan kenyamanan dan keamanan yang terjaga sehingga dapat di pastikan usia ban dapat bertahan lama. Untuk lebih jelasnya sobat oto perlu melihat merek ban, tipe ban dan ukuran ban itu sendiri.

Nah, bila dilihat dari adanya tipe serta ukuran ban ini anda bisa mengetahuinya di buku paduan pemilik mobil, dibalik penutup tangki bahan bakar, mengecek bagian plakat pada pintu mobil atau laci mobil terbaru itu sendiri. Dengan begitu anda bisa lebih tau tipe dan ukuran ban yang telah di rekomendasikan oleh manufaktur kendaraan yang anda beli tersebut.

Ada pula varian ban sebenarnya banyak sekali macamnya, di antaranya adalah ukuran ban itu sendiri semisal bertuliskan pada dinding ban P195/55/R15 84V, Simbol P merupakan sebuah symbol Passanger atau merujuk pada ban khusus mobil berpenumpang. Bila tertera simbol LT (Lite Truck) ini artinya ban tersebut diperuntukan untuk truck bermuatan sedang, ST (Special Trailer) yang jelas untuk mobil jenis trailer, simbol T (Temporary) digunakan untuk ban cadangan. Sedangkan simbol R ini merupkan jenis ban radial. Di pasaran ban Indonesia ini terdapat jenis ban radial dan bukan radial, jika diperhatikan sepintas kedua jenis ban yang umum itu tidak ada perbedaan, tapi yang jelas hanya konstruksinya saja yang beda jauh.

Beralih lagi pada kode ban tadi yaitu P195/55/R15, perlu diketahui ukuran ban ini bisa dilihat dari angka yang paling belakang yakni 15 ini merupakan ukuran lingkar diameter ban dalam satuan inchi. Dengan begitu juga perhatikan lebar ban itu sendiri sebab ini mengacu pada daya cengkramnya ke tanah atau jalanan yang anda lewati, oleh karena itu bila tapak ban yang menjadi titik pijakan ke jalan. Maka dapat di pastikan semakin tinggi angka yang menunjukkan ukuran lebar ban biasanya lebih baik di bandingkan angka yang kecil ini artinya tapak ban memiliki lebar yang sempit.

Untuk desain pola tapak ban ini biasanya berbeda-beda dan memiliki keunggulan yang berbeda pula dalam hal kemampuan untuk mencengkram aspal dengan baik dan kuat. Bila tapak berdesain normal umumnya corak ban ini biasanya lebih meningkatkan kenyamanan dalam berkendara mobil sehari-hari.

Jika alur ban tersebut berbentuk V maka memiliki keunggulan dalam mencengkram aspal serta cocok untuk pengguna mobil yang tinggal di daerah beriklim hujan, apalagi kontur alur V ini mampu mereduksi suara berlebih dari putaran ban itu sendiri. Selain itu juga berfungsi baik untuk mengontrol laju kendaraan ketika melintas di jalanan basah atau berbelok tidak mudah tergelincir yang bisa mengakibatkan bahaya dalam berkendara.

Jika dilihat dari kinerja ban saat dipacu pada kecepatan tinggi ini mampukah bertahan terhadap panas yang ditimbulkan dari rotasi ban yang sedang berputar lebih kencang. Hal ini di maksudkan untuk ban dengan spesifikasi khusus untuk balapan di lintasan.

Kesimpulannya memilih ban mobil berkualitas ini di ukur dari beberapa hal meliputi ukuran ban, merek ban ternama dan tipe ban itu sendiri. Sehingga lebih bijaklah dalam memilih ban baru untuk mobil kesayangan anda, meski memiliki label harga ban yang mahal tapi kualitasnya terjamin, daripada harga ban murah namun dalam segi kualitas sangat buruk dan bisa mengancam keselamatan anda saat berkendara.

Dari sisi pemeliharaan atau cara merawat ban mobil sebenarnya tidaklah sulit dan mudah sekali dilakukan. Yang utama ialah selalu periksa kondisi tekanan angin pada ban harus konstan. Lebih baik lagi bila anda mengisi udara ban dengan nitrogen, sebab nitrogen diklaim mampu menjaga suhu tekanan ban agar tetap normal.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.