16 April 2018

Penyebab Setir Mobil Terasa Berat dan Tips Cara Mengatasinya Paling Mudah

Penyebab Setir Mobil Terasa Berat Ketika Mau Berbelok

OTOBERITA.com- Tips Mengatasi Setir Mobil Berat Saat Belok dan Penyebabnya. Dari segelintir pemilik mobil biasanya pernah mengalami hal kendaraan ketika berbelok setirnya terasa berat. Masalah itu kerap terjadi meski jarang pada mobil keluaran terbaru berpendukung teknologi power steering. Padahal power steering diklaim mampu memberikan kenyamanan kepada pengemudi saat bermanuver belok.

Perlunya anda mengetahui beberapa faktor penyebab setir mobil berat saat belok. Cara paling tepat yakni segera melakukan pengecekan, bila dibiarkan begitu saja tentu akan mengurangi tingkat kenyamanan berkendara. Bahkan cukup berbahaya apabila tetap saja dipaksakan.

Penyebab utama paling umum terjadi yaitu ukuran ban tidak sesuai dengan lingkar roda, biasanya anda yang merasa mengganti ban dengan ukuran lebih besar. Maka cara mengatasi setir terasa berat saat belok, apabila karena hal tersebut yakni alangkah baiknya memakai ban yang sesuai dengan ukuran velg. Cara ini memang tepat sekali sebab akan membuat pergesekan antara roda dengan aspal nampak lebih ringan dari biasanya.

Penyebab setir mobil berat saat berbelok yang kedua adalah tapak ban yang kondisinya sudah botak alias halus. Sehingga daya cengkram roda terhadap aspal sangat berkurang sekali, bahkan kondisi ini sangat rawan terjadi pecah bila dibiarkan terus menerus. Maka cara mengatasi masalah tersebut dengan mengganti ban luar yang baru. Dan jangan lupa ukuran bar luar disesuaikan dengan ukuran velg mobil anda.

Adapun studi kasus lain penyebab setir mobil terasa berat saat akan belok, yakni tekanan udara ban yang kurang. Hal ini kerap jarang menjadi perhatiaan khusus bagi pemilik mobil. Padahal hal tersebut membuat setir lebih berat saat berbelok. Cara mengatasi tekanan udara ban yang kurang adalah menyesuaikan tekanan udara ban yang telah direkomendasikan bawaan pabrik. Cara ini cukup ampuh untuk mengantisipasi setir mobil berat ketika mau belok.

Bahkan penyebab setir berat meski mobil sudah dilengkapi power steering yakni fungsinya sudah tidak bisa digunakan alias power steeringnya sudah rusak. Biasanya disebabkan oleh usia pompa melewati batasnya atau bisa saja karena kebocoran pada sistem minyaknya. Secara visual ciri-ciri itu sulit untuk dideteksi oleh orang awam, maka alangkah baiknya dilakukan perawatan secara berkala di bengkel resmi mobil setiap mau servis.

Mintalah pada mekanik untuk mengecek bagian power steering, bila ada kerusakan langsung saja diganti atau diperbaiki agar nantinya kenyamanan mengemudi anda tidak terganggu. Sekian tips mengatasi setir mobil terasa berat dan beberapa cara untuk mengatasinya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*