31 Oktober 2018

Perbedaan Mobil Manual dan Mobil Matic, Ingin Tahu?

Perbedaan Mobil Manual dan Mobil Matik
Perbedaan Mobil Manual dan Mobil Matik (Source Img Rotary Bintaro)

OTOBERITA.com– Inilah Perbedaan Mobil Manual dan Mobil Matic. Di Indonesia terdapat dua model mobil yaitu mobil manual dan mobil matic. Hal ini dapat dilihat dari sistem transmisi yang digunakan meliputi matic dan manual. Selain itu dari segi harga mobil keduanya memiliki selisih yang tidak begitu banyak. Sehingga anda bila ingin membeli mobil baik itu bekas atau baru, terlebih dahulu sesuaikan dengan kebutuhan.

Fungsi mobil sendiri dapat melindungi pengendara maupun penumpang dari panas dan hujan. Serta merupakan salah satu alat transportasi roda empat yang cukup banyak peminatnya. Di sisi lain harga mobil juga relatif ada yang pas sesuai kantong. Seperti contohnya Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Toyota Agya, Daihatsu Sirion, Mitsubishi Xpander dan lain sebagainya.

Perlu sobat otoberita ingat bahwa masing-masing mobil baik manual atau matic, tentu memiliki keuntungan dan kerugian. Dan biasanya harga mobil tipe matic relatif lebih mahal daripada mobil tipe manual. Berikut dibawah ini perbedaan mobil manual dan mobil matic yang perlu anda ketahui.

Perbedaan Mobil Manual dan Mobil Matic

#Harga Mobil

Salah satu perbedaan mobil manual dan matic paling terlihat jelas yaitu pada segi harga. Mobil matic tentu memiliki selisih mulai Rp 5 juta – Rp 20 juta lebih mahal dari mobil manual. Hal ini berlaku pada mobil baru maupun mobi bekas yang dijual di dealer mobil terdekat. Namun bila mobil bekasnya selisih relatif tidak terpaut jauh berkisar Rp 2 juta hingga Rp 3 juta saja. Bahkan di kota besar kebanyakan para konsumen lebih memilih mobil tipe matic, disebabkan lebih mudah pengoperasiannya saat kemancetan.

#Cara Pengoperasian

Dari tipe mobil sudah berbeda, tentu cara pengoperasian tidak sama baik itu mobil manual dan mobil matic.

Mengingat di mobil tipe manual ada 3 buah pedal meliputi rem, kopling dan gas. Sedangkan pada mobil matic hanya ada dua pedal yakni rem dan gas. Biasanya pengemudi berada disebelah kanan, sehingga tangan kirinya bisa mengoperasikan perpindahan gigi. Begitu juga perpindahan dilakukan secara manual dengan menggunakan pedal kopling dan tuas kopling.

Sementara pada mobil matic biasanya perpindahan gigi menggunakan alat yang diberi nama Gearbox dan tentunya tidak memakai pedal kopling. Ini artinya perpindahan gigi akan terlihat lebih sering pada mobi tipe matic.

#Cara Akselerasi

Hal lain yang perlu diketahui yakni tingkat akselerasi pada kedua tipe mobil jelas berbeda. Mobil manual transmisinya mampu bekerja lebih responsif, namun pada transmisi matic cukup rumit.

Sehingga bukan tidak mungkin akselerasi mobil manual lebih cepat dibandingkan mobil matic. Tak heran banyak mobil balapan dirancang khusus memakai transmisi manual. Mobil tipe itu menggunakan sistem CVT (Continuous Variable Transmission), berarti pada transmisinya mamakai belt yang mampu memendek dan memanjang membuat rasio secara halus. Mobil tipe manual diantaranya Honda Jazz, Honda City, Kia Sportage dan lain sebagainya.

Dibalik itu ada beberapa mobil matic menggunakan transmisi DSG dengan kombinasi plat kopling ganda yang mana tingkat responsivitasnya lebih cepat dibandingkan mobil manual. Mobil itu ialah Golf Gti.

#Konsumsi Bahan Bakar

Namun bila pembeli menginginkan mobil hemat bahan bakar, tentu lebih memilih mobil tipe manual. Mengingat mobil matic lebih boros konsumsi bahan bakarnya, hal ini dikarenakan tingkat kinerja mesin lebih berat serta perputaran mesin mobil tidak bisa diatur.

Tapi ada tips menghemat bahan bakar bagi pemilik mobil tipe matic diantaranya dengan memanfaatkan gas dan glide. Apa itu gas dan glide ? maksud dari kata itu tak lain ialah gas dan meluncur. Ini artinya pengemudi ketika menginjak gas perlu memanfaatkan potensi mobil matic untuk meluncur. Sehingga dapat dipastikan anda pengguna mobil tipe matic mampu meghemat konsumsi bahan bakar.

Baca juga : Tips Menghemat Bahan Bakar Kendaraan Mobil Saat Berkendara. 

#Kenyamanan Dalam Berkendara

Bila melihat kenyamanan dalam berkendara, ini bergantung pada pemilik mobil matic dan manual. Karena tidak terlalu jauh berbeda. Namun sering pembeli mobil lebih memilih mobil matic, mungkin dikarenakan hanya pengoperasiannya lebih mudah dan kenyamanan. Ini berlaku di kota besar yang rawan kemancetan mengendarai mobil sendiri. Tapi bila anda memiliki sopir lebih baik memilih mobil tipe manual, secara perpindahan gigi lebih halus dan penggunaan BBM lebih irit.

Cara Berkendara Mobil Manual atau Matic
Cara Berkendara Mobil Manual atau Matic

#Cara Perawatan Mobil

Segi biaya perawatan mobil matic jauh lebih mahal dibandingkan mobil tipe manual.  Sebab suku cadang mobil tipe matic lebih mahal. Mengingat penggunaan transmisi CVT, pada belt harus diganti setiap 50.000 km. Selain itu plat kopling pada mobil matic kabarnya lebih tahan lama dibandingkan mobil manual. Namun semua itu tergantung cara penggunaan mobil.

Baca juga : Daftar Mobil Hatcback Bekas Berkualitas.

Kekurangan dan Kelebihan Mobil Manual atau Matic

Dilihat dari segi perbedaan mobil matic dan mobil manual dapat disimpulkan beberapa kekurangan dan kelebihan pada mobil manual dan matic yang perlu sobat otoberita ketahui, diantaranya sebagai berikut.

#Mobil Manual

Kelebihan :

  • Cukup irit dalam penggunaan BBM.
  • Harga beli mobil tipe manual relatif murah.
  • Tingkat akselerasi yang relatif baik dan halus.
  • Biaya perawatan mobil manual jauh lebih murah dan frekuensi perawatan bisa dibilang jarang sekali.

Kekurangan :

  • Harga jual mobil manual second cukup rendah.
  • Pengemudi tentu lebih cepat lelah, ketika mengendarai mobil perjalanan jauh.
  • Tidak begitu nyaman karena harus sering memakai tangan dan kaki, untuk perpindahan gigi.
  • Cukup sulit dikendarai bagi pemula dalam mengemudi mobil.

#Mobil Matic

Kelebihan :

  • Nilai jual mobil tipe matic cukup tinggi, apabila di kota besar.
  • Pengemudi tidak mudah lelah saat terjadi kemancetan.
  • Cukup nyaman dikendarai dan mudah sekali terlebih bagi pemula pengemudi mobil.

Kekurangan :

  • Konsumsi bahan bakar mobil matic cukup banyak alias boros.
  • Harga beli mobil second tipe matic relatif mahal dibandingkan mobil manual.
  • Biaya perawatan mobil bisa dibilang mahal.
  • Tingkat akselerasi mobil di jalan menanjak cukup kurang responsif.
  • Daya tahan oli transmisi cukup tidak awet, sehingga perlu penggantian berkala.
  • tidak adanya engine brake, cukup rawan sekali bila pengendara berada dijalanan yang menurun. Harus exstra hat-hati.
Memilih Mobil Manual atau mobil matic
Memilih Mobil Manual atau mobil matic

Kesimpulan

Sesuaikan dengan kebutuhan sebab masing-masing mobil baik manual atau matic memiliki kekurangan dan kelebihan. Pertimbangkan juga segi kenyamanan berkendara, kebutuhan memilih mobil serta harga biaya perawatan mobil. Catatan jangan membeli mobil hanya karena gengsi atau sekedar ingin mengikuti trend mobil saat ini. Yang jelas tentukan keperluan membeli mobil baru atau bekas dan jenis pilihan transmisi manual atau matic.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.