24 Mei 2018

Review All New Toyota Kijang Innova

Review All New Toyota Kijang Innova

Review All New Toyota Kijang Innova. Hingga sekarang, sudah hampir 30 tahun brand Toyota Kijang eksis di Indonesia. Kekuatan brand yang kuat itu tampaknya masih akan terus bertahan, bahkan Toyota terus menelurkan beberapa seri lanjutan seperti Toyota Kijang Innova hingga yang terbaru All New Toyota Kijang Innova 2016.

Popularitas Toyota Kijang Innova semakin tumbuh seiring dengan berjalannya waktu. Bahkan mobil SUV ini telah menjadi salah satu pilihan favorit para pencari mobil keluarga yang lega dan ramah pengendara. Meski tak lagi terjangkau seperti varian Toyota Kijang generasi awal, All New Kijang Innova menjanjikan beberapa peningkatan fundamental. Namun seperti apakah rupa dan performa sang penerus Kijang Innova ini? Berikut ulasan lengkapnya.

Desain Eksterior

Saat peluncurannya, Toyota menyatakan bahwa konsep All New Toyota Kijang Innova adalah “touch and sophisticated”. Dan sejalan dengan konsep tersebut, Toyota langsung menampilkan kesan tersebut secara kontras melalui desain eksteriornya.

Dalam beberapa review All New Toyota Kijang Innova, ada satu hal yang cukup menonjol dari All New Toyota Kijang Innova. Hal tersebut adalah desain grillnya. Kini mobil besutan Toyota ini hadir dengan desain grill yang besar. Desain grillnya rata dan tidak menonjol sama sekali, jauh berbeda dengan Toyota Kijang Innova terakhir. Hadir dengan riasan chrome yang dipadu dengan warna hitam dan abu-abu, mobil ini terlihat sangat sophisticated, elegan namun tetap sederhana. Sama sekali tidak ada kesan norak yang terpancar dari sentuhan kosmetik ini.

Lampu depannya kini juga hadir dengan desain yang baru. Tampak lebih modern cenderung sipit dengan desain memanjang ke samping. Dan khusus pada tipe Q, headlight ini hadir dengan sentuhan diamond cut, DRL dan LED projector lens. Sedangkan untuk lampu signnya sendiri, Toyota kini memindahkannya ke sisi bagian bawah dekat dengan fog lamp.

Secara keseluruhan, desain eksterior All New Toyota Kijang Innova memang terlihat sangat modern dengan tetap mempertahankan gaya desain Toyota Kijang Innova generasi sebelumnya. Karena itulah tidak sulit untuk mengidentifikasi mobil ini sebagai salah satu keluarga Kijang Innova.

Desain Interior

Modern di luar, modern juga di dalam. Mungkin itulah ungkapan yang tepat untuk menggambarkan sisi interior All New Toyota Kijang Innova. Secara sepintas desain interior mobil ini memang terlihat cukup mirip dengan Fortuner dan Hilux. Hanya saja dominasi material plastiknya membuat bagian interior All New Toyota Kijang Innova terlihat sedikit lebih murah. Meski tidak terlihat istimewa, finishingnya terlihat sangat bagus. Cukup berkelas dan selaras dengan keseluruhan desain mobil.

Aura mobil mahal semakin terasa berkat adanya panel instrumen yang mirip pada Toyota Alphard, Camry dan Vellfire. Fitur-fitur yang ada pada dashboard dapat diakses dengan lebih mudah berkat tombol kontrol yang terpasang pada bagian setir mobil.

Jok All New Toyota Kijang Innova juga terlihat tidak kalah berkelas. Untuk memberikan kesan berkelas, Toyota menggunakan jok bermotif zebra atau harimau. Dan khusus pada tipe Q, joknya menggunakan bahan fabric. Jok ini terasa lebih nyaman berkat adanya bantalan samping serta pengaturan ketinggian jok. Saat diuji dalam review All New Toyota Kijang Innova pun jok ini terasa empuk dan nyaman. Berkat desain interiornya yang cukup lega, baik pengendara maupun penumpang tentu bisa merasakan kenyamanan berkendara yang sesungguhnya.

Mesin

 

All New Toyota Kijang Innova menggunakan mesin diesel sebagai pengganti mesin KD yang lama. Spesifikasi mesinnya cukup tinggi seperti 4 silinder turbo diesel 2400 cc dan mampu menghasilkan tenaga 149 PS pada 3.400 rpm. Performa ini masih jauh di atas Kijang Innova generasi sebelumnya yang hanya mampu menghasilkan tenaga sebesar 100 PS saja. Sedangkan untuk torsinya sendiri, mesin All New Toyota Kijang Innova memiliki torsi 359 Nm pada 1.200 rpm – 2.600 rpm. Namun khusus untuk model matik, torsi yang dihasilkan sebesar 342,2 Nm pada 1.200 – 2.800 rpm.

Ada dua model transmisi yang tersedia di All New Toyota Kijang Innova, yakni manual 5 transmisi dan matik 6 transmisi. Yang menarik dari mobil ini adalah tersedianya mode manual pada All New Toyota Kijang Innova model matik. Ini adalah yang pertama kalinya pada jajaran keluarga Kijang Innova. Saat menilik beberapa review All New Toyota Kijang Innova, terungkap bahwa performa mobil ini memang sangat baik. Cukup bertenaga namun tetap nyaman sebagai mobil keluarga.

Fitur-Fitur

Demi memberikan kenyamanan kepada pengendara dan penumpang, All New Toyota Kijang Innova telah hadir dengan beberapa fitur pelengkap mulai dari fitur multimedia hingga safety. AC digital juga masih tersedia pada seri ini. Hanya saja desain controllernya kini tampil dengan desain yang lebih elegan. Head unit All New Toyota Kijang Innova juga hadir dengan beberapa peningkatan khususnya dalam hal touch screen responsiveness. Tak hanya sensitif, layar sentuhnya juga mendukung fitur air gesture.

Konektivitas yang dihadirkan All New Toyota Kijang Innova terbilang cukup lengkap. Mulai dari Bluetooth, HDMI, miracast, DLNA, voice command hingga internet browser tersedia pada mobil besutan Toyota yang satu ini. Ada juga fitur eco mode, power mode dan stability control.

Untuk bersantai dan melepas lelah, All New Toyota Kijang Innova juga menghadirkan cup holder dan laci berpendingin. Fitur safety juga semakin lengkap dengan adanya 7 airbags, hill assist control dan stability control. Semua fitur tersebut tentu saja semakin memantapkan All New Toyota Kijang Innova sebagai mobil keluarga yang nyaman dan ramah pengguna.

Harga

Sisi harga selalu menjadi salah satu perhatian utama para calon pembeli. Dan untuk yang satu ini, review All New Toyota Kijang Innova akan memberikan informasi mengenai rentang harga yang perlu dipersiapkan untuk memperoleh mobil SUV ini. Jika sebelumnya Toyota Kijang Innova hadir sebagai mobil keluarga yang terjangkau, tampaknya All New Toyota Kijang Innova tidak bisa memenuhi ekspektasi itu lagi. Dengan banderol harga antara Rp 280 juta hingga Rp 424 juta, All New Toyota Kijang Innova lebih tepat disebut sebagai mobil kelas menengah ke atas.

Peningkatan harga tersebut tentu cukup mengejutkan. Meski hadir dengan beberapa peningkatan, ada beberapa hal yang tampaknya justru mengalami kemunduran, khususnya untuk hal-hal yang sepele seperti desain doortrim yang justru tidak memungkinkan pengendara maupun penumpang untuk meletakkan lengannya dan tidak adanya jok kulit. Meski demikian, secara umum mobil ini memang terlihat lebih elegan dari pendahulunya.

Kesimpulan

All New Toyota Kijang Innova memang benar-benar penerus brand Toyota Kijang Innova. Beberapa perubahan pada sisi desain memang memberikan warna baru pada mobil ini. Namun jika dilihat secara keseluruhan, gaya desain All New Toyota Kijang Innova masihlah sama dengan pendahulunya. Performa yang lebih tangguh dan bertenaga juga menjadi nilai plus tersendiri. Dengan fitur-fitur yang ditingkatkan, kenyamanan pengendara dan penumpang juga semakin meningkat. Sayangnya sesuai dengan review All New Toyota Kijang Innova yang telah dijabarkan sebelumnya, calon pembeli memang harus merogoh kocek sedikit lebih dalam untuk mendapatkan mobil ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*