1 November 2018

Review Yamaha New Fino 125, Si Matik Retro

Review Motor Yamaha New Fino 125

Review Yamaha New Fino 125. Motor matik kini memang tengah menjadi primadona di beberapa kalangan, khususnya di kalangan wanita. Kemudahan dalam berkendara dan bentuknya yang menarik mampu menyedot perhatian kaum hawa. Tak heran, banyak motor matik yang sengaja dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan mereka. Yamaha New Fino 125 adalah salah satunya.

Sabtu, 9 Januari 2016 lalu adalah waktu kelahiran sang penerus seri Yamaha Fino, Yamaha New Fino 125 Blue Core. Sebagai generasi penerus seri Fino, tentunya banyak peningkatan yang hadir pada motor matik ini. Namun yang berbeda pada New Fino 125 ini adalah segmen pasarnya yang secara khusus menyasar para pengendara wanita. Pilihan warna yang tersedia juga sengaja dihadirkan untuk memikat para wanita. Untuk mengetahui selengkapnya, yuk kita lihat ulasannya.

Desain

Modern retro, itulah kesan yang muncul saat pertama kali melihat motor matik besutan Yamaha ini. Yamaha tampaknya benar-benar tahu bagaimana cara menghadirkan motor matik retro yang sesungguhnya. Desain membulat dengan Diamond Cut Lens pada lampu depan tak hanya mengingatkan para pecinta motor akan gaya jadul skuter. Gaya desain ini juga membuat Yamaha New Fino 125 terlihat anggun dan cantik. Yang menarik lagi, motor matik ini juga hadir dengan sentuhan gaya modern pada sisi lampu signnya.

Kesan retro juga terlihat jelas pada sisi lampu spion, speedometer dan tangki bensin. Ketiga komponen tersebut hadir dengan desain bulat yang sangat rapi. Namun saat menilik bagian stang, ada kesan sporty yang terpancar pada Yamaha New Fino 125 ini. Hal ini tentu memberikan kesan dan perpaduan yang unik antara gaya sporty dan retro.

Desain jok Yamaha New Fino 125 dibuat khusus sesuai dengan kontur tubuh sang pengendara. Semua itu dilakukan demi memberikan kenyamanan maksimal kepada pengendaranya. Dalam test drive dan Review Yamaha New Fino 125, motor matik ini juga mampu membuktikan kemampuannya dalam memberikan kenyamanan kepada pengguna.

Secara keseluruhan, desain Yamaha New Fino 125 tampak anggun. Ada 2 model yang tersedia yakni Elegant Stylist dan Sporty Stylist. Untuk model Elegant Stylist, terdapat 3 pilihan warna yang bisa dipilih oleh pengendara mulai dari White Cappuccino, Red Berry Latte dan Black Espresso. Sedangkan pada model Sporty Stylist, ada 3 pilihan warna lain seperti Sportif Noir, Esprit Bleu dan Actif Rouge.

Performa Mesin

Sesuai dengan namanya, Yamaha New Fino 125 hadir dengan kapasitas mesin 125 cc. Kapasitas ini jauh lebih besar dari seri pendahulunya. Tak hanya itu saja, motor skutik ini juga telah hadir dengan mesin SOHC dengan pendingin udara dan silinder single. Teknologi Blue Core yang tertanam di dalamnya juga membuat Yamaha New Fino 125 lebih irit bahan bakar. Bagi pengendara yang khawatir dengan borosnya bensin pada motor matik, mereka bisa sedikit merasa lega berkat teknologi ini.

Performa mesin 125 cc Yamaha New Fino 125 juga tidak bisa dianggap remeh. Dengan mesin SOHC yang tertanam di dalamnya, motor matik ini mampu menghasilkan tenaga 9.52 PS pada 8.000 rpm dan torsi sebesar 9.6 Nm pada 5.500 rpm. Tak hanya mampu menghasilkan tenaga yang besar, akselerasi Yamaha New Fino 125 juga cukup tinggi. Namun dalam review Yamaha New Fino 125 ada satu hal yang menarik. Meski memiliki mesin yang cukup bertenaga, tarikan gas Yamaha New Fino 125 cukup ramah pengendara, khususnya pengendara wanita.

Kenyamanan Berkendara

Tagline Yamaha New Fino 125 adalah “Istimewakan Dirimu”. Dan sesuai dengan tagline tersebut, skutik ini memiliki banyak hal untuk membuat pengendaranya merasa istimewa, khususnya untuk kaum hawa. Hal tersebut semakin terbukti saat dilakukan test drive yang diungkapkan dalam beberapa review Yamaha New Fino 125.

Kata nyaman tampaknya memang melekat erat pada motor matik besutan Yamaha ini. Lebar jok motor hingga jarak antara pijakan kaki dengan tanah juga sangat pas. Pengendara tidak akan merasa kalau motor matik ini terlalu tinggi untuk mereka. Stang Yamaha New Fino 125 juga cukup ringan sama seperti motor matik pada umumnya. Tidak ada rasa berat saat menggerakkannya. Hal ini tentu berdampak cukup signifikan pada mobilitas Yamaha New Fino 125.

Pengendara yang masuk kategori pendek tidak akan merasa kesulitan mengendarai motor matik ini. Tidak ada kesulitan saat menjejakkan kaki ke tanah. Dan saat digunakan untuk bermanuver, motor ini mampu bergerak lincah dan stabil. Sangat mudah untuk dikendalikan.

Space dek yang cukup luas memberi keleluasan kepada pengendara untuk menyimpan barang bawaannya. Bahkan pengendara juga bisa menggunakannya untuk meletakkan tas ransel di area tersebut. Menariknya lagi, pengendara masih mendapatkan ruang untuk meletakkan kakinya dengan nyaman.

Fitur-Fitur

Yamaha New Fino 125 tak hanya hadir dengan desain yang anggun dan performa stabil saja. Skutik yang resmi hadir pada awal tahun 2016 ini juga telah dilengkapi dengan beberapa fitur yang tentu saja akan semakin memudahkan pengendara dalam mengarungi jalanan dan menerobos kemacetan.

Borosnya bahan bakar memang selalu menjadi isu yang selalu diributkan oleh para pemilik motor matik. Bisa dikatakan, sebagian besar motor matik memang masih dinilai boros, lebih boros dari motor bebek. Hal ini memang benar adanya. Namun untuk mengurangi konsumsi bahan bakar motor matiknya, Yamaha telah menghadirkan teknologi Blue Core pada jajaran motor matiknya, termasuk Yamaha New Fino 125. Tak hanya itu saja, motor matik terbaru besutan Yamaha ini juga hadir dengan Eco Indicator pada panel speedometernya.

Khusus untuk pengendara wanita yang sering mengalami kesulitan dalam membuka Secure Key Shutter pada motor, Yamaha New Fino 125 memiliki solusi yang lebih baik. Alih-alih memutar kunci untuk membuka SKS, pengendara dapat membuka pengaman kunci tersebut cukup dengan menekan tombol yang tersedia. Dalam review Yamaha New Fino 125, Secure Key Shutter akan terbuka secara otomatis saat tombol tersebut ditekan.

Harga

Dengan banyaknya peningkatan yang dihadirkan pada Yamaha New Fino 125, para calon pembeli tampaknya harus siap dengan banderol harga yang lebih tinggi, khususnya jika dibandingkan dengan Fino generasi sebelumnya. Hal ini tentu sangat wajar. Namun bukan berarti calon pembeli harus merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapatkan satu unit New Fino 125. Untuk mendapatkan 1 unit Yamaha New Fino 125, pembeli cukup menyiapkan dana sekitar Rp 16.250.000 saja. Harga ini sebenarnya cukup standar untuk motor matik dengan spesifikasi seperti ini. Dan menariknya lagi, setiap varian New Fino 125 dibanderol dengan harga yang sama.

Kesimpulan

Yamaha New Fino 125 tidak hanya hadir dengan pembaruan pada sisi desain saja. Performa dan fitur yang ditawarkan juga semakin memanjakan pengendaranya. Sebut saja performa mesin berkapasitas 125 cc yang stabil dan ramah pengendara serta teknologi Blue Core yang terus menjaga konsumsi bahan bakar New Fino 125 agar tetap irit. Kecanggihan fitur-fitur tersebut menciptakan pengalaman pengguna yang lebih berkesan dan menyenangkan. Dan dengan mengetahui review Yamaha New Fino 125, calon pembeli bisa mengenal motor matik ini lebih jauh dan terhindar dari keputusan yang salah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.