31 Juli 2018

Tahun 2018 – Semua SPBU Bakal Gunakan Pembayaran Elektronik Secara Serentak

Ilustrasi Pembayaran Sistem Cashless di SPBU

OTOBERITA.com – Pembayaran SPBU Tahun 2018 Menggunakan Elektronik. Zaman kini sudah maju, maka tak heran alat pembayaran transaksi uang kini mulai merambah ke elektronik. Di klaim penggunaannya jauh lebih efisien dibandingkan dengan lembaran uang. Hal ini yang akan diterapkan oleh PT Pertamina (Persero), rencanan penggunaan transaksi uang elektronik mulai tahun 2018 mendatang tepatnya di bulan Januari.

Bahkan kabarnya pihak Pertamina akan bekerja sama dengan Pemerintah Kota Pontianak dan Bank Indonesia. Sehingga dipastikan semua SPBU di Pontianak akan memberlakukan non-tunai alias transaksi uang elektronik.

Lantas, Kapan kira-kira penerapan sistem cashless di semua SPBU Pertamina mulai diberlakukan ?

Terkait pertanyaan tersebut, Aditama Sardjito selaku VP Corporate Communication Pertamina mengatakan bahwa pihaknya belum ada pembicaraan lebih lanjut mengenai kepastian penerapan sistem cashless secara menyeluruh.

“Untuk Penerapan sistem pembayaran non-tunai di SPBU khususnya Jakarta, masih dalam tahap perbaikan sistem point of service (POS) terlebih dahulu. Terkait Integrasinya perlu banyak jaringan nantinya. Hingga kini belum ada kepastian kapan, namun sekarang masih tahap sosialisasi dulu,” ujar Aditama Sardjito.

Di wilayah Pontianak menurut Aditama penerapan sistem cashless mendapat dukungan dari pemerintah kota, sehingga bisa terjalin kerja sama. Dengan demikian mengenai pembayaran uang elektronik di SPBU Pontianak ada target khusus kapan diberlakukan.

Sebagai contoh, adanya pemberlakuan jalur khusus di hari Sabtu dan Minggu. Cara itu di manfaatkan untuk salah satu upaya penerapan pembayaran uang elektronik sebagai transaksi dan bentuk sosialisasi terhadap masyarakat sebelum semua jalur pengisian di semua SPBU Pontianak menjadi Cashless. 

Untuk lebih lanjut mengenai penerapan secara serentak alias Nasional, belum ada pembicaraan target tersebut. Sebab perlu adanya deadline terlebih dahulu sebelum diberlakukan. Hingga kini pihak Pertamina masih melakukan uji coba, sekaligus melihat respon masyarakat terhadap adanya sistem cashless. Tak lupa juga mempersiapkan jaringan SPBU yang menggunakan pembayaran non-tunai.

Kesimpulan

Di tahun 2018, pihak pertamina akan mulai memberlakukan pembayaran non-tunai alias uang elektronik di SPBU Pontianak. Selanjutnya melihat respon masyarakat, bila cara ini memudahkan mereka dalam bertransaksi, maka bukan tidak mungkin penerapan sistem cashless akan serentak di semua SPBU di Indonesia. Jangan lupa baca juga Inilah Bahan Bakar Mobil Supercar Yang Paling Cocok dan Aman.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.