25 September 2018

Tips Aman Ketika Melintasi Perlintasan Kereta Api Bagi Pengguna Motor dan Mobil

Cara Aman Melintasi Perlintasan Kereta Api – Banyak di antara mereka yang masih saja kurang mentaati tentang penggunaan jalan, maka tak heran ada saja kecelakaan yang timbul. Termasuk di perlintasan kereta api. Padahal mereka sudah tahu peraturan melintasi rel kereta api, tapi masih saja karena alasan terburu-buru biasanya menerobos begitu saja. Bila diperhatikan sekilas kereta api berjalan pelan tapi sebenarnya itu sangat cepat, sehingga masinis akan sulit melakukan pengereman ketika ada kendaraan secara tiba-tiba melintas di depannya.

Selain itu kecelakaan di perlintasan kereta api sering terjadi akibat kelalaian pengguna jalan saat melintasi rel tanpa adanya palang pintu. Pengendara motor memang yang suka sekali menerobos padahal palang pintu sudah mulai diturunkan perlahan-lahan. Sehingga perlu kesadaran untuk semua orang ketika melintas rel kereta api agar lancar dan aman selamat sampai tujuan.

Tips Aman Melintasi Rel Kereta Api
Tips Aman Melintasi Rel Kereta Api

Berikut tips aman khusus bagi pengguna motor, bagaimana cara terbaik melintasi rel kereta api agar tidak terjadi kecelakaan. Salah satunya kurangi kecepatan anda sekiranya 50 meter sebelum mendekati perlintasan kereta api dan coba anda dengarkan apakah ada suara sirine atau tidak. Kemudian tengok kanan maupun kiri sebelum melintas. Namun bila anda mendengar suara sirine berbunyi dan palang pintu mulai diturunkan, sangat direkomendasikan anda berhenti terlebih dahulu.

Dan saat menunggu kereta api melintas alangkah baiknya jangan berhenti di jalur arah berlawanan karena bisa mengganggu pengguna jalan lainnya. Setelah rangkaian atau gerbong-gerbong kereta api mulai lewat, harap bersabar sampai palang pintu mulai di naikkan.

Ketika anda ingin melewati rel kereta api dengan aman, sebaiknya perhatikan putaran mesin dan transmisi sesuai dengan kecepatan motor agar nantinya tidak mancet alias mendadak berhenti. Hindari rasa panik saat melintas dan usahakan setenang mungkin menghadapi masalah seperti motor mancet di rel kereta api. Poin pertama normalkan posisi transmisi, kemudian anda tuntun ke lokasi yang aman untuk nantinya diperbaiki. Apabila tidak bisa silahkan hubungi mekanik bengkel terdekat agar segera ditangani dan anda bisa melanjutkan perjalanan. Salam otoberita.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.