22 Mei 2018

Tips Handal Menyalip Kendaraan Lain Dengan Cepat

tips-handal-menyalip-kendaraan-lain-dengan-benar

Cara Tepat Menyalip Kendaraan Lain Saat Berkendara- Ternyata menjadi seorang pengemudi yag handal tidaklah mudah, apalagi mengendarai kendaraan roda empat atau mobil. Banyak sekali orang awam yang masih menghiraukan, bagaimana dasar-dasar mengemudi yang tepat dan benar. Salah satunya cara mendahului kendaraan lain saat melintasi jalanan baik aspal ataupun lainnya. Bahkan 90% beranggapan faktor keselamatan pengguna jalan dipengarui oleh cara mengemudi mobil. Ini artinya apabila pengemudi mobil sembarangan dalam mengemudi bisa saja pengendara lain kena imbasnya.

Sebagai contoh, ketika ada salah satu mobil melaju dengan mengangkut kapasitas barang penuh alias melebihi batas yang sudah ditentukan. Tentu beberapa komponen mobil akan berkinerja melebihi ambang normal seperti suspensi, sistem pengereman, ban, maupun kaki-kaki mobil. Dengan begitu pergerakan mobil bisa menjadi lamban dalam hal pengendalian khususnya saat mau mendahului kendaraan lain di jalanan.

Untuk itu, ikuti tips handal menyalip kendaraan lain yang akan otoberita sampaikan di bawah ini :

  • Sebelum menyalip kendaraan lain, pastikan terlebih dahulu kondisi jalan harus lengang baik dari arah belakang maupun depan.
  • Harus menggunakan lampu sein atau klaskson yang bisa berguna untuk menginformasikan ke pengguna jalan lain, bahwa Anda ini ingin menyalip.
  • Jangan bergerak zig-zag. Hal ini dikarenakan gerakan zig-zag dapat mengakibatkan tekanan besar pada suspensi, sehingga berimbas pada daya cengkeram ban menjadi berkurang. Inilah yang menyebabkan mobil sering selip atau sangat susah untuk dikontrol.
  • Pastikan posisi gear tepat agar putaran mesin menjadi tinggi.
  • Bila ingin menyalip kendaraan lain di depan, usahakan ada selisih jarak minimal satu meter.
  • Hindari menghentakkan setir saat menyalip, banyak kasus ini bisa berimbas pada kaki-kaki menjadi gangguan alias kinerjanya tidak normal.
  • Hindari tips handal menyalip kendaraan lain ini pada jalanan menanjak, menikung dan jembatan, karena jarak pandang ke depan sangatlah terbatas.
  • Usahakan saat menyalip kendaraan lain, gunakan lajur kanan, sebab pada lajur kiri pandangan Anda terbatas.
  • Ada pula kasus menyalip kendaraan lain, namun mobil di depan Anda menyalakan sein kiri. Jangan sesekali anda juga ikut menyalip dibelakangannya alias mbuntuti. Cara ini menunjukkan adanya kendaraan lain di arah berlawanan sedang mendekat, atau bisa saja kondisi jalan di depan bergeronjal.

Baca juga : Tips Mengemudi Mobil di Jalan Tanjakan.

Itulah beberapa tips handal menyalip kendaraan lain di depan dengan tepat dan benar. Tujuannya untuk menghindari terjadinya kecelakaan maupun aktifitas yang merugikan pengguna jalan lainnya. Tetap waspada dan fokus dalam berkendara agar selamat sampai tujuan. Maka dari itu, Anda perlu persiapkan dengan baik-baik sebelum melakukan aktifitas berkendara baik itu mobil atau sepeda motor. Semoga bermanfaat. Jangan lupa share artikel ini. Trims.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*