19 Oktober 2018

Tips Menghindari Motor Matic Mentok Polisi Tidur

Tips Lewati Polisi Tidur Untuk Motor Matic

Seringkah motor matic Anda terantuk polisi tidur?Apalagi jika motor matic Anda merupakan kendaraan dengan ground clearance yang rendah. Apa sih ground clearance? Ground clearance merupakan ruang di antara dasar dari ban kendaraan dengan bagian bawah sasis. Nah, jika kendaraan mempunyai ground clearance yang rendah, dapat dipastikan motor Anda sering mengalami kondisi terantuk polisi tidur.

Tips mengenai cara mengatasi kendaraan terantuk polisi tidur ini akan membantu Anda mengatasi dilema motor matic yang sering di hadapi. Perlu diketahui sebelumnya, motor khususnya motor matic yang mentok polisi tidur sebenarnya tidak terlalu berbahaya. Akan tetapi, jika motor sering terantuk atau terantuk hampir setiap hari, maka dikhawatirkan polisi tidur akan merusak mesin motor. Ingin tahu bagaimana cara mengatasinya? Simak, yuk ulasan lengkapnya.

  • Mengganti Shock Belakang Motor

Motor matic yang paling sering terantuk polisi tidur adalah Honda Beat. Honda Beat yang mempunyai peminat cukup banyak dengan body-nya yang ramping ini mempunyai ground clearance paling rendah di antara motor matic lain. Oleh karena itu, jika Anda mempunyai Honda Beat di daerah yang banyak polisi tidurnya, coba gunakan cara ini.

Cara yang pertama adalah mengganti shock belakang motor. Sebagai peredam kejut, shock pada motor berfungsi meminimalisir getaran akibat kondisi jalan tak rata. Jika Anda tak ingin Honda Beat Anda yang mungil sering terantuk polisi tidur atau mentok pada jalan yang bergelombang, cobalah mengganti shock belakang dengan shock ori Honda Vario 125. Harga Shock ori Honda Vario biasanya dibanderol Rp 250 ribu rupiah.

  • Menggunakan Peninggi Suspensi

Selain cara di atas, cara lain yang bisa dicoba adalah dengan menggunakan peninggi suspensi. Tapi, cara ini sebenarnya tidak terlalu direkomendasikan, ya Sobat Oto! Menggunakan peninggi suspense akan membantu Anda menghindari polisi tidur yang tinggi atau pun jalan yang sangat bergelombang dan belum diaspal. Akan tetapi, cara ini juga mempunyai efek samping, yakni motor menjadi tidak enak dan shock lebih mudah patah.

Nah, dua tips di atas merupakan cara mengatasi kendaraan terantuk polisi tidur. Selain polisi tidur, tips di atas akan membantu motor matic Anda menghindari kerusakan mesin pada jalan yang sangat bergelombang. Selain dengan cara di atas, sebaiknya hindari pula berjalan dengan kecepatan tinggi ketika ada polisi tidur.

Sarankan pula kepada masyarakat sekitar Anda untuk tidak membangun polisi tidur yang terlalu tinggi dan asal-asalan. Bentuk polisi tidur yang benar adalah tidak meruncing dengan kemiringan maksimal 15 derajat. Sering biasanya tempat yang memasang polisi tidur dengan bentuk runcing serta kemiringan yang lebih dari 45 derajat. Ditambah lagi, jarak polisi tidur yang asal-asalan pun semakin meningkatkan potensi kerusakan pada kendaraan yang melewatinya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.