3 November 2018

Tips Merawat Ban Sepeda Motor Agar Tetap Awet

Cara Mudah Merawat Ban Sepeda Motor Terbaru

Memiliki kendaraan sepeda Motor ternyata juga perlu yang namanya perawatan tersendiri dimana setiap bagian sperpart pada motor mempunyai Fungsi yang berbeda-beda sehingga kita harus lebih teliti dalam mengurusnya, terlebih yang paling rawan dengan jalanan yaitu BAN, Ban pada motor mempunyai Fungsi yang sangat penting, layaknya manusia BAN digunakan sebagai Kaki, jika Kaki tidak di rawat dengan baik maka bisa jadi tidak akan bisa jalan sama sekali. Sama halnya dengan kendaraan Bermotor yang mana bannya jika tidak di Rawat dan di Urus dengan baik tidak akan bisa berjalan dan dikit-dikit harus memperbaiki di Bengkel.

Kita bisa lihat bahwa penggunaan ban sepeda motor untuk para pengendara pemula kurang terlalu di perhatikan dengan baik, mereka lebih memilih acuh tak acuh untuk kondisi Ban motor mereka, kadang mereka hanya menunggu ketika ban tersebut bocor lalu mereka menggantinya dengan yang baru atau hanya sekedar menembelnya saja, Padahal jika kita lihat bahwa perawatan yang lebih diutamakan bisa jadi BAN motor anda akan tetap awet dan tidak akan pernah bocor, Nah teman-teman tenang saja disini saya ingin memberitahukan bagaimana caranya untuk merawat Ban sepeda MOTOR agar tetap terjaga, awet dan juga tahan lama. Berikut penjelasannya yah.

Tapi sebelum kita masuk ke cara perawatan ban motor kita lihat terlebih dahulu apa penyebab Ban Motor kamu sering Bocor dan juga Ukirannya cepat Tipis Kita simak terlebih dahulu.

Penyebab Ban Motor Tipis dan sering Bocor :

Beban Terlalu Berat

Yang pertama yaitu beban Motor terlalu berat sehingga membuat tekanan Udara di Ban menjadi lebih besar sehingga membuat Gesekan antara Ban dan juga Jalanan juga menjadi lebih Tinggi, mengakibatkan Lapisan luar ban menjadi lebih Tipis dan akhirnya membuat kebocoran.

Kurangnya Tekanan Angin

Kemudian setelah itu kurangnya tekanan angin pada Ban yang membuat Ban tidak sanggup membawa beban yang berat sehingga kelebaran Ban tidak sesuai dengan standar yang di kapasitaskan, Lumrah jika ban langsung Bocor.

Velg Yang Kasar

Biasanya ini sering dialami oleh para pengguna sepeda Motor yang suka sekali memodifikasi kendaraannya tanpa melihat kualitas velg yang dipilihnya, bisa jadi velg yang dipilih mempunyai lapisan dalam yang kasar sehingga pada saat ban bergesekan dengan Jalan akan membuat lecet pada bagian ban dalam dan membuat Ban semakin rentan terjadi kebocoran.

Berikut cara merawat ban kendaraan Sepeda Motor agar tetap awet :

  • Periksa Tekanan Ban Yang standar

Untuk yang pertama ini anda sangat disarankan untuk memeriksa tekanan ban Normal, dimana tekanan Ban Normal tidak lebih dan tidak kurang dari 30 Psi.

  • Jangan Melebihi Beban Maksimum

Kemudian yang kedua anda tidak boleh membawa Barang yang mana melebihi beban maksimum pada ban kendaraan anda, karena selain membuat tekanan menjadi lebih besar akan merusak Shock Pada Motor anda.

  • Cek Kondisi Bearing Pada Ban Anda

Kemudian yang ketiga yaitu dengan mengecek Kondisi Bearing pada Ban motor anda, jika terjadi kekocakan pada Leher ban maka segera perbaiki agar tidak membuat ban menjadi lebih tipis dan juga tekanan yang besar

  • Kemudian yang keempat yaitu anda selalu rajin membersihkan kerikil yang menempel pada bunga ban setiap saat setelah anda membawa pergi
  • Hindari pengereman yang mendadak, karena bisa membuat ban semakin tipis. Pastinya anda bisa melihat pada saat anda mengerem di aspal dengan cara mendadak akan ada bekas ban HITAM, itu artinya Lapisan ban kendaraan anda sudah mulai menipis.

Terimakasih sudah membaca.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.