2 November 2018

Tips Merawat Mobil Pada Saat Musim Hujan

Tips Merawat Mobil Terkena Hujan

Musim hujan kadang akan membuat jalanan menjadi lebih Becek dan juga berair, kadang di jaan-jalan yang rendah akan tertutup dengan genangan air hujan, sehingga mengakibatkan kebanjiran dan juga kadang motor serta mobil yang lewat menjadi basah pada bagian bawahnya. Jangan anda anggap sepele karena bisa merusak kendaraan anda terutama yang berkendara menggunakan mobil, nah tepat sekali teman-teman otoberita. Kali ini saya ingin mencoba untuk membantu anda dalam merawat mobil yang bagus ketika saat musim Hujan Tiba. Wah pada penasaran yah seperti apa sih merawat mobil agar tetap awet walaupun musim hujan datang. Mari kita simak ulasannya dibawah ini yah.

Nah mari kita simak secara langsung seperti apa sih cara mudah merawat kendaraan Mobil pada saat musim Hujan datang :

Cek sistem Roda

Yang pertama yaitu dengan mengecek kondisi Roda kendaraan, jangan sampai tekanan yang diberikan melebihi batas maksimum Roda yang sudah menjadi standar dari Mobil yang anda gunakan, Terkadang para pengguna Mobil jarang memperhatikan tekanan ban mobil sehingga membuatnya menjadi lebih Padat dari biasanya, kadang juga pada saat musim hujan ban meletus itu juga banyak. Hal ini di sebabkan karena tekanan roda dan juga air hujan bisa jadi menjadi salah satu faktor utama ban meletus, terlebih jalan yang berlubang dan tidak kita ketahui.

Cek sistem Pengereman

Yang selanjutnya yaitu dengan mengecek sistem pengeriman yang ada di Mobil anda, jika anda ingin mobil anda tetap aman untuk dikendarai maka cek dengan seksama kapasitas Rem sesuai dengan spesifikasi yang sudah standar untuk mobil yang anda pakai. Jika kurang atau lebih maka anda bisa membuatnya menjadi standar lagi dengan mengurangi sedikit saja kampas Mobil agar tidak terlalu keras pada saat melakukan pengereman Mobil. Terlebih kalau musim hujan tiba bisa jadi jalanan menjadi licin, kalau terlalu pakem atau pengereman bisa mengakibatkan tergelincirnya ban mobil, berbeda kalau jalanan kering langsung berhenti

Sistem Kelistrikan

Kemudian selanjutnya anda bisa cek mengenai sistem kelistrikan yang ada di Mobil anda, jangan sampai pada saat musim hujan listrik mobil anda mati total, sehingga kelistrikan seperti lampu sean, lampu utama, dan lain sebagainya tidak berfungsi dengan baik. Cek terlebih dahulu sebelum anda menggunakannya untuk bekendara di jalanan basah dan musim hujan, bila perlu anda menyiapkan cadangan agar lebih mudah saat mengalami kerusakan pada bagian sistem kelistrikan. Nah sudah paham dengan tips kelistrikan ? Lanjut ke yang berikutnya yah.

Sistem AC

Kemudian yang kedua yaitu cek juga kondisi mengenai AC mobil anda, jangan sampai AC Mobil tidak bekerja dengan baik, gunakan spesifikasi standar bawaan mobil untuk melakukan setting pada AC mobil anda, pada saat musim Hujan suhu AC mobil bisa saja mengalami kenaikan dan juga membuat dalam mObil menjadi berembun. Sehingga kadang kaca-kaca malah basah juga dari dalam. Bila perlu matikan AC pada saat musim hujan datang sehingga tidak mengalami pengembunan pada saat musim hujan datang.

Periksa Karet Pintu

Yang kelima yaitu dengan mengecek Kondisi Pintu karet anda, jangan sampai terjadi yang namanya kebocoran, yang mana bisa membuat air hujan masuk ke kedalam mobil, Jadi pastikan karet tidak terlalu keras hingga tidak retak pada saat di tutup.

Nah itulah beberapa Tips bagaimana merawat mobil anda pada saat musim hujan, semoga bisa menjadi referensi untuk anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.