31 Juli 2018

Ingin Tau? Tips Mudah Merawat Kampas Rem Motor Yang Benar

Cara Tepat Merawat Kampas Rem Motor

Untuk menjalankan aktifitas sehari-hari tentunya tak luput dengan yang namanya kendaraan roda 2. Dimana Kendaraan Roda dua sudah menjadi bagian hidup para manusia di Dunia ini salah satunya sebagai fasilitas untuk mata pencaharian mereka. Yang mana ada yang digunakan untuk bekerja, dan untuk keperluan lainnya. Menggunakan sepeda motor yang baik tentu dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang lengkap juga seperti Rem dan juga perlengkapan lainnya untuk menjaga keamanan kita pada saat kita berkendara, Kita ambil contoh saja yaitu Kampas Rem. Bagi para pengendara sepeda motor yang baru tentu saja masih bingung dengan apa itu kampas Rem. Atau kalau yang sudah paham dunia Otomotif pastinya sudah jelas seperti apa itu kampas Rem motor.

Ok teman-teman otoberita untuk kesempatan kali ini saya ingin membahas mengenai Cara Mudah Merawat Kampas Rem Motor, tapi yang saya bahas bukan jenis-jenis kampas Remnya, tapi cara perawatannya agar lebih tahan lama pada saat digunakan dan tidak sering-sering ganti. Atau saya jelaskan terlebih dahulu apa sih Fungsi dari kampas Rem itu sendiri ? Untuk fungsinya sendiri Kampas Rem berfungsi untuk menahan laju kendaraan Ban sepeda motor pada saat di jalanan, sehingga pada saat motor melaju dengan kencang maka Fungsi kampas rem ini menahannya dengan menggesekkan di bagian samping ban. Untuk membuat penggunaanya lebih mudah maka disambungkan dengan kabel Rem tangan, hal ini bertujuan para pengendara lebih mudah untuk mengendalikan ban motor yang melaju dengan kencang. Untuk Jenis motor Matic tidak akan ada Rem Kaki melainkan dua Rem tangan dan sekaligus On Off Mesin motor.

Penyebab Kampas Rem sering Habis :

  • Ganti Ban baru yang permukaannya masih kasar, sehingga membuatnya semakin berkurang pada saat melakukan pengereman.
  • Terlalu sering menggunakan rem di jalanan yang kasar dan pada saat motor melaju dengan kencang. Hal ini bisa membuat kampas Rem menjadi cepat habis dan hancur.

Nah itulah beberapa pengertian dari kampas Rem motor dan juga penyebab kenapa bisa lekas habis hanya beberapa Bulan saja. Untuk itu saya punya

beberapa tips untuk merawatnya dengan benar sehingga kampas Rem motor tetap utuh dan juga awet tahan lama. Ingin tahu seperti apa ? simak langsung ulasannya dibawah ini yah.

Tips merawat Kampas Rem Motor Yang benar

Untuk mendapatkan kampas Rem Tetap awet dan terjaga dengan baik maka langkah utama yang harus anda lakukan yaitu dengan mengecek kondisi Tromol di cakram kendaraan anda. Kemudian bersihkan tromol dengan bersih dan juga pada bagian Penampang cakram juga harus tetap terjaga kebersihannya. Hal ini berpengaruh pada saat melakukan pengereman maka kampas rem tidak langsung menyentuh pada bagian samping ban dengan baik melainkan menyentuh kotoran yang menempel pada bagian penampang cakram terlebih dahulu. Kemudian setelah itu kita lanjut untuk membersihkan kapiler dan juga pin Fleksibelnya, langkah ini untuk memberikan tekanan yang sama rata antara kampas Rem disebelah kanan dan juga kiri. Nah itulah beberapa Tips mudah untuk mejaga dan merawat Kampas rem motor agar tetap awet tahan lama, langkah berikutnya juga anda bisa melumasi ban kendaraan anda setiap saat, sehingga pada saat pengereman Kampas rem tidak terlalu tertekan dengan keras dan membuatnya terkikis sedikit demi sedikit.

Itulah penyebab dan juga Tips merawat kampas Rem motor dengan mudah, semoga bermanfaat dan juga membantu kawan otoberita. Terimakasih atas kunjungannya yah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.