17 April 2018

TVS Akula 310 Concept Jadi Motor Sport Versi Full Fairing BMW G310R

Motor Konsep TVS Akula 310

Hallo sahabat otoberita, pada topik berita otomotif terbaru kali ini akan membahas mengenai sesosok model motor konsep asal India bernama TVS Akula 310 Concept. Motor baru lansiran TVS India ini merupakan sebuah motor sport jenis full fairing alias motor dengan body delta box. Kabarnya motor TVS Akula 310 Concept ini pertama kali diperkenalkan ke publik di ajang India Auto Expo 2016, menariknya para nitizen mengklaim model motor sport TVS terbaru ini ialah sosok versi full fairing dari motor premium sang BMW G310R. Motor BMW G310R yang di maksudkan tersebut adalah motor sport jenis naked bike yang dibekali kapasitas mesin kecil, namun tetap memumpuni untuk diajak kegiatan touring sekalipun. Motor G310R BMW ini juga dirancang sepenuhnya oleh kolaborasi antara TVS India dengan BMW Motorrad beberapa waktu silam.

Motor sport TVS Akula 310 Racing Concept ini di bangun dengan penampilan body motor yang cukup elegan dengan balutan warna hitam. Pada bagian headlamp TVS Akula 310 ini sepertinya memakai model dual eyes berbentuk menyipit, sehingga aura sport yang gahar pun terasa amat kental sekali ditambah lagi penulisan nomer “33” di bagian atas headlamp. Nomer 33 ini disematkan pada motor TVS Akula 310 untuk memperingati 33 tahun kehadiran TVS dalam ajang dunia balap motor. Tak lupa pula ada tulisan “Akula 310” yang diletakkan pada bagian samping fairing motor sport lansiran TVS India.

Tak hanya disitu saja, penampilan sungguh sporty berkelas pada motor keren ini juga ada di bagian buritan desain TVS Akula 310 Racing Concept yang diperindah dengan model bentuk jok bertingkat yang lancip. Sejarah penamaan “Akula” ini pihak TVS India ambil dari bahasa Rusia yang berarti “Hiu”. Seperti sobat otoberita lihat di bagian depan motor yang seolah layaknya moncong ikan Hiu. Untuk motor sport TVS Akula 310 yang masih berupa prototype atau konsep semata ini sengaja dibuat oleh sebuah team devisi balap TVS Racing.

Kesamaan antara motor sport BMW G310R dan TVS Akula 310 ialah di bagian sektor kapasitas mesin yang hanya berkisar 310cc dengan mengandalkan model satu silinder, serta empat buah klep racing yang sangguh menghasilkan power maksimal sampai 34 Hp dan torsi hingga 28 Nm. Sekilas dilihat dari tampang motor TVS Akula 310 ini memang pantas bila di sandingkan dengan si pesaing tangguh yaitu kubu Yamaha seri R3.

Untuk proses produksi massal motor keren TVS Akula 310 Racing Concept ini masih belum bisa diklarifikasi lebih lanjut. Namun yang pasti TVS Akula 310 versi full fairing akan diproduksi oleh TVS India, sedangkan sosok motor naked bike BMW G310R di pasarankan oleh BMW Motorrad sendiri. Adapun spekulan yang beredar di dunia maya, mengungkapkan sekiranya motor keren Akula 310 ala TVS India ini besar kemungkinan akan masuk jalur produksi pada pertengahan tahun 2016 atau kurang lebih di awal tahun 2017 mendatang.

Perakitan motor TVS Akula 310 ini kabarnya akan memakai bahan material karbon, yang mana membuat motor ini nantinya akan lebih ringan dikendarai serta lincah saat diajak bermanuver. Motor TVS ini juga akan dibekali tampilan speedometer full digital yang menambah ke eleganan motor baru tersebut, apalagi jenis suspensi up-side down serta monoshock akan melengkapai kenyamanan motor TVS Akula 310.

Harapannya TVS Akula 310 Racing yang jadi model versi full fairing BMW G310R ini bisa masuk pasaran motor Indonesia dengan harga yang relatif terjangkau. Pasalnya motor buatan India ini memiliki label jual yang murah, serta sosok motor sport full fairing dengan kapasitas mesin 300cc sangat terbatas sekali pilihan motornya.

Dengan begitu bila motor Akula 310 Racing ini hadir di Indonesia, maka akan menambah daftar motor sport 300cc ke pasaran roda dua di Tanah Air. Meski pada dasaranya ada sosok Yamaha R3 yang mengusung mesin kapasitas 300cc hasil buatan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) ternyata sportbike andalan tersebut “Tidak Dijual” ke dalam negeri Indonesia melainkan hanya untuk basis ekspor saja.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*