3 November 2018

Yuk Intip, Perbedaan Hatchback dan City Car Versi Otoberita

Perbedaan mobil hatchback dan city car

Perbedaan Hatchback dan City Car Versi Otoberita – Meski sudah banyak masyarakat Indonesia yang memiliki kendaraan roda empat sebagai alat transportasi keluarga atau pribadi. Tapi di balik itu ada beberapa orang yang tak mengerti bila di tanyai soal Perbedaan Hatchback dan City Car ? Lantas, mobil yang mereka beli itu termasuk city car atau hatchback.

Sekilas antara mobil Hatchback dan City Car memang hampir sama dan hanya sedikit saja perbedaannya. Dari segi ukuran keduanya lebih kecil bila dibandingkan dengan sosok mobil MPV.

Menurut laman yang dilansir dari KompasOtomotif, Akbar Juniarto selaku Styling Design Section C&A Planning and Design Department Product Planning and Development Devision Toyota Astra Motor (TAM), menegaskan bahwa di Indonesia memang tidak bisa dipungkiri banyak orang yang belum mengerti perbedaan hatchback dan city car.

“Soal pengklarifikasian jenis mobil Indonesia masih sedikit rancu, terkait banyak model serta merek yang beredar di pasaran. Namun pada dasarnya pembeda antara city car dan hatchback itu pada dimensi sebenarnya”, jelas Akbar Juniarto

Meski hatchback dan city car memang sama-sama mempunyai kapasitas penumpang empat sampai lima orang. Tapi ternyata keluasan ruang kabin pada hatchback lebih lega dibandingkan dengan city car pada umumnya.

Hal ini terkait pembuatan mobil jenis city car dimensinya lebih kecil, tujuannya memang untuk menyesuaikan kondisi serta fungsinya sebagai mobil perkotaan dengan kepadatan jalan.

Sementara pada sektor eksterior antara hatchback dan city car cukup mengalami perbedaan yang begitu mencolok. Yang mana dimensi hatchback berukuran lebih besar dari city car karena desainnya merupakan pengembangan dari mobil sedan.

Untuk masalah kapasitas mesin city car terbilang cenderung lebih kecil, daripada model hatchback yang mana lebih mengandalkan power. Seperti contoh jika kapasitas mesin mobil jenis hatchback yakni 1.4L hingga 1.5L, maka bukan tidak mungkin mobil jenis city car kapasitasnya ada dibawahnya.

Mobil hatchback dan city car memiliki segmennya masing-masing. Seperti yang dapat kita lihat di wilayah Eropa, pamor mobil hatchback lebih tinggi dibandingkan city car. Namun tidak untuk wilayah Jepang, justru pamor city car lebih dominan daripada hatchback.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.